STEAM BLACK FOREST ROLL



Apabila di kulkas hanya tersisa 2 butir telur sementara pengen menikmati cake yang nikmat, kira-kira bisa dibuat apa ya. Banyak sekali pilihannya mulai dari muffin, berbagai jenis buttercake sampai cake yang dikukus atau steam cake. Karena kebetulan masih ada sedikit whipcream bubuk dan dark cherry yang harus segera dipakai, maka kuputuskan untuk membuat steam black forest cake. Hmmm....looks so yummy right?

Basecake-nya memakai resep Browkus ala Ny. Liem yang memang sudah jadi resep andalanku selama ini. Tentu saja resepnya dikonversi sesuai dengan persediaan telur yang tinggal 2 butir, jadinya aku hanya membuat 1/3 dari resep asli dan memakai loyang ukuran 22x22x4 cm. Menurutku dengan memakai ukuran loyang tersebut, tebalnya sudah pas sehingga bisa dijadikan roll cake. Hasilnya memang imut-imut, jadi silahkan resep dikonversi kembali sesuai dengan kebutuhan ya.




STEAM BLACK FOREST ROLL 

Bahan :
2 butir telur suhu ruang
75 gr gula pasir
1/4 sdt emulsifier
45 gr tepung terigu serbaguna
15 gr coklat bubuk
35 gr dark cooking chocolate (DCC)
60 ml minyak sayur kualitas baik

Filling :
whipcream kocok
vla dark cherry

Topping :
DCC + whipcream + red cherry

Cara Membuat :
- Siapkan loyang ukuran 22x22x4 cm, oles tipis dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles tipis kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dengan coklat bubuk. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental berjejak. Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Matikan mixer.
- Tim DCC hingga leleh, matikan api. Tuang minyak sayur ke dalam DCC leleh, aduk rata.
- Masukkan campuran DCC dan minyak sayur ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan. Masukkan ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan dan tutupnya dibungkus serbet bersih. Kukus selama kurang lebih 15 menit.
- Keluarkan dari kukusan, biarkan hangat.
- Siapkan kertas roti yang ukurannya lebih besar dari ukuran loyang, balikkan cake di atasnya. Hangat-hangat gulung beserta kertas rotinya. Diamkan sejenak hingga set.
- Buka perlahan gulungannya, oles seluruh permukaannya dengan whipcream kocok dan vla dark cherry.
- Gulung kembali sambil dipadatkan.
- Hias sesuai selera

Untuk fillingnya bisa disesuaikan dengan selera. Bisa memakai buttercream, selai atau bahkan ganache. Kalau aku sih memang memanfaatkan bahan-bahan sisa hehehehe . Dekornya juga aku bikin yang simpel aja, memakai serpihan DCC leleh yang dibekukan kembali, whipcream dan red cherry. Kebetulan red cherry yang kupakai juga yang tanpa tangkai, maklum....kan tadi memang judulnya memanfaatkan sisa bahan *wink*




Alhamdulillah....rasa dan hasilnya tidak mengecewakan, bagiku lho yaaa :) Anggap saja menikmati real black forest roll. Karena ukurannya yang mini, gak heran kalau dalam sekejab sudah habis. Dinikmati saat sarapan dan sisanya buat cemilan di siang hari. 

Yuuks...dicobain bikin. Resepnya simple dan mudah membuatnya. Happy steaming and...roll it up your black forest ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==