SPIKU (LAPSUR) NCC


Cihuuuy...akhirnya kesampaian juga bikinin request suamiku ini. Requestnya udah lama, sejak sebelum Lebaran euy, untunglah beliau sejak awal sudah bilang kalau bikinnya ntar-ntar aja kalau kerjaan udah beres semua dan gak repot lagi. Setelah urusan cookies lebaran selesai, langsung sibuk packing dan persiapan mudik, akhirnya bikin pesanan beliau ini baru kesampaian minggu lalu deh >.<  Maafkan ya Ayah....

Suamiku memang penggemar spiku atau lapis surabaya, karena memang terkenal enak ya. Lembut dan harum butternya benar-benar bikin nambah dan nambah lagi deh. Kalau dulu aku pernah posting lapis surabaya dengan resep mbak R dan menggunakan spongecake methode yang bisa dilihat disini. Kali ini aku membuat dengan resep NCC. Sama enaknya. Asalkan memakai butter berkualitas baik dan tidak bantat, tanggung deh..spiku atau lapsur tuh enak banget.

SPIKU (LAPSUR) NCC

Bahan untuk setiap lapis :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir (aku pakai gula kastor)
125 gr mentega kocok (aku pakai 100 gr wisjman + 25 gr blueband cake and cookies)
50 gr tepung terigu (aku pakai protein rendah, ex : Kunci)

Filling :
blueberry paleta (bisa juga memakai selai nanas, selai strawberry, buttercream atau choco ganache)

Cara Membuat :
- Kocok telur dan gula hingga kental. Matikan mixer.
- Masukkan mentega kocok, aduk rata.
- Masukkan tepung terigu, aduk balik perlahan hingga rata,
- Tuang ke dalam loyang 22x22x4 cm, oven dengan suhu sedang (kurleb 170'C) hingga matang --> ovenku kurleb 30 menit, tergantung masing-masing oven ya, lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Buat 3 lapisan, yaitu 2 lapisan kuning dan 1 lapisan coklat. Lapisan coklat bisa dibuat dengan menambahkan coklat bubuk atau pasta BF atau pasta coklat biasa.
- Angkat dari oven, balik dan dinginkan di atas cooling rack.

Assembly :
- Setelah dingin, ambil selapis spiku, oles permukaannya dengan filling dan letakkan lapisan coklat di atasnya, oles filling kembali. Letakkan lapisan spiku terakhir di atasnya.
- Trim sedikit sisi-sisinya agar rapi



Kenapa warna lapisan coklatnya kok pucat gitu?? Harap maklum ya, karena aku udah kelabakan nyari pasta BF-ku yang entah ngumpet dimana. Jadinya pakailah jurus kepepet, pakai pasta tiramisu hihihi. Jadinya gitu deh warnanya >.<

Kebetulan aku bikin spiku ini di siang hari di saat suamiku sedang shaum....jadi maafkan ya kalau aromanya udah menggoda yang lagi shaum ^_^. Alhamdulillah spiku ini bisa jadi takjil di saat berbuka. Kata suamiku, rasanya sebanding dengan aromanya tadi siang heheheheh. Dinikmati bersama secangkir teh hangat...pas sekali. Terima kasih ya Rabb...



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==