MEAT & PINEAPPLE PIZZA

Udah lamaaa banget gak bikin pizza. Entah kenapa hari ini tiba-tiba pengen bikin pizza, padahal jadwal dan kerjaan hari ini lumayan padat. Tapi namanya lagi kepengen ya akhirnya disempet-sempetin deh, demi membayangkan pizza homemade di meja makan euy...:D

Dan...ini lah pizza yang siap disantap sore tadi..


Sebenarnya judul yang tepat sih pizza maksa. Gimana gak maksa karena pakai bahan-bahan yang ada di rumah aja. Kebetulan cuma punya daging giling, sosis dan nanas!! Ya udah lah dipakai itu aja, lagian untuk beli bahan yang lain udah malas keluar rumah karena seharian udah ngider aja kaya setrikaan >.<
So...untuk toppingnya bisa disesuaikan dengan selera ya. Bisa memakai jamur, seafood, ayam, atau bahkan meat lover. Anything you have..anything you like ^_^

Untuk resep dough pizza-nya aku pakai resep dari Femina jadul, udah gak tau lagi tahun terbit dan edisi berapa karena udah digunting jadi kliping.  Dulu udah pernah bikin juga dengan resep dough ini dan suka banget dengan hasilnya yang empuk. Karena dulu belum sempat posting di blog, kali ini aku tuliskan lagi ya. Eh ya aku cuma bikin 1/2 dari resep berikut. Udah capek mau nguleni terlalu banyak, maklum masih pakai mixer 10 jari heuheuheuuu....

MEAT & PINEAPPLE PIZZA

Dough Pizza

Bahan A
200 gr tepung terigu protein tinggi (misalnya merk Cakra)
1/2 sdt ragi instan (misal merk fermipan, SAF)
150 ml air es

Bahan B
150 gr terigu protein tinggi 
100 gr terigu protein sedang (misal merk segitiga biru)
1 sdt ragi instan
40 gr gula kastor
30 gr susu bubuk full cream
2 kuning telur
100 ml air es
1 sdt garam
50 gr margarin

Topping :
Saus pizza
250 gr daging giling ---> tumis hingga matang
4 buah sosis, potong-potong
1 buah nanas, potong sesuai selera
keju mozarella secukupnya ---> parut

Olesan :
kuning telur

Cara Membuat  Dough Pizza :
- Campurkan bahan A, aduk rata dan diamkan kurang lebih selama 60 menit.
- Campur terigu, ragi, gula dan susu bubuk pada bahan B. Aduk hingga rata dan masukkan campuran bahan A. Uleni hingga rata.
- Masukkan kuning telur dan tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga kalis. 
- Tambahkan garam dan margarine, teruskan menguleni hingga kalis elastis. Diamkan selama 30-45 menit (tergantung cuaca juga ya) atau hingga mengembang 2x lipat. Tutup dengan serbet bersih yang lembab agar adonan tidak kering.
- Kempiskan adonan dan dough siap digunakan. 

Penyelesaian :
- Letakkan dough di atas loyang dan gilas tipis hingga menutupi seluruh permukaan loyang (bisa juga bagian tepi dibentuk sesuai selera).
- Taburi keju mozarella di seluruh permukaan loyang, kemudian olesi dengan saus pizza.
- Tata topping di atasnya dan taburi kembali dengan keju mozarella.
- Oles bagian tepi pizza dengan kuning telur.
- Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 15 menit (jangan overbake ya).
- Keluarkan dari loyang, hidangkan hangat dengan saus sambal favorit.

Untuk saus pizza-nya atau bisa juga bisa dilihat resepnya disini ya. Nah karena tadi emang gak ada persiapan, jadinya aku hanya membuat dengan menggunakan pasta tomat aja, lagi gak punya tomat segar. Tetap kutambahkan daging giling di adonan saus pizza-nya, jadi mirip dengan bolognese sauce.  Memakai jurus cemplang-cemplung aja hihihi...jadi takarannya sesuai selera lidahku saat test rasa. Kurang lebih resepnya seperti berikut ya...

Bahan saus pizza :
1 kaleng kecil (170 gr) pasta tomat (aku pakai Del Monte)
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
100 gr daging giling
1 sdt garam
3-4 sdm gula pasir (bisa ditambahkan sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm oregano
50 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga harum dan layu.
- Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
- Masukkan pasta tomat, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk.
- Masukkan air sedikit demi sedikit. Masak hingga saus mengental. Test rasa hingga pas.
- Masukkan oregano, aduk rata.
- Angkat dan siap digunakan.



Walaupun memakai topping seadanya, tapi tetap aja toppingnya melimpah ruah. Sampai berjatuhan ketika dipotong heheheh. Kan biar puas makannya ya. Bagian tepi pizza aku isi dengan keju mozarella, tapi sayang ya bentuknya kurang rapi dan menarik. Maklum masih belajaran dan emang badan terasa capeeek banget, tapi maksa banget nge-pizza sendiri :)

Untuk yang pengen membuat pizza homemade, dan ingin membuat dough ala roti, dicobain yuk resep dough diatas. Kalau aku memang sudah cocok dengan resep ini, karena doughnya empuk. Memang menyesuaikan selera masing-masing ya, ada juga yang senang dengan dough yang tipis dan krenyes-krenyes, ada juga yang suka dengan dough ala roti yang empuk. Semua kembali kepada selera ^_^








close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==