KLEPON UBI RAINBOW



Udah lama juga pengen bikin klepon ubi lagi. Karena ketumpuk dengan resep-resep lain yang pengen dicobain, akhirnya kalah deh si klepon ubi ini. Kebetulan ada ubi putih yang dibawa tukang sayur, jadi inget lagi deh ama klepon ubi ^_^ Sebenarnya pengennya sih klepon ubi ungu atau ubi merah, tapi karena adanya ubi putih, it's oke lah yang penting ubi.

Entah karena iseng atau karena kebayang-bayang ama klepon yang berwarna ungu, akhirnya buka kotak ajaib yang isinya segala pasta dan pewarna makanan deh. Dibikin klepon ubi rainbow yuuk. Latah lagi dengan segala sesuatu yang bernuansa rainbow? Maybe yess heheheheheh. Jangan khawatir karena klepon ini untuk dinikmati seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anakku yang masih kecil, juga untuk dikirim ke rumah orang tuaku, jadi aku gak pernah pakai pewarna makanan yang sembarangan donk, apalagi pewarna tekstil. Big NO. Jadi selalu gunakan pewarna makanan yang sudah ada sertifikasi BPOM dan ada label halal-nya ya baik itu untuk keluarga ataupun untuk customer kita. 




Resep klepon ubi sebetulnya dulu sudah pernah aku posting, tapi aku tuliskan lagi ya....

KLEPON UBI RAINBOW

Bahan :
 500 gr ubi putih
125 gr tepung tapioka
1/4 sdt garam
125 gr gula merah, parut halus
1/2 butir kelapa, parut memanjang (kukus selama kurleb 10-15 menit)
pewarna merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu (masing-masing kurleb 1/2 sdt)
air secukupnya untuk merebus

Cara Membuat :
- Kupas ubi, cuci bersih dan kukus hingga empuk. Panas-panas haluskan hingga lembut. Dinginkan.
- Campurkan ubi dengan tepung tapioka dan garam, aduk rata hingga bisa dipulung.
- Bagi adonan menjadi 6 bagian, beri masing-masing bagian warna merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu.
- Ambil sejumput adonan, pipihkan beri gula merah secukupnya dan bentuk bulatan. Lakukan hingga semua adonan habis.
-Didihkan air, masukkan klepon secukupnya ke dalam air dan biarkan sampai mengambang. Angkat dan tiriskan.
- Gulingkan di atas kelapa parut hingga seluruh permukaannya tertutupi kelapa.
- Siap disajikan.

Note :
- Ada berbagai jenis ubi, ada yang mempunyai kadar air sedikit dan banyak. Jadi sebenarnya penggunaan tepung tapioka tergantung pada jenis ubi yang kita pakai. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan dirasa bisa dipulung.
- Apabila setelah dicampur dengan tepung tapioka adonan dirasa masih susah dibentuk, bisa ditambahkan sedikiiit saja air dan kita bisa mencoba membentuknya kembali.
- Untuk mengurangi klepon yang terlalu lengket, aku biasanya menyiapkan 1 wadah besar berisi air matang. Jadi setelah klepon yang sudah mengambang diambil dengan menggunakan serok atau saringan, celupkan sebentar saja di wadah berisi air matang tersebut, baru kemudian ditiriskan. CIIIW ya...


Sebenarnya gak puas banget deh kalo foto-foto tapi gak pakai daun pisang. Karena paginya lagi repot ngurus kerjaan yang lain, jadi gak inget deh kalau gak punya daun pisang. Ada sih banyak banget di kebun belakang rumah Mama, tapi mau pergi kesana buat ngambil kok ya malas banget euy >.< Jadilah foto-foto klepon ini tanpa sedikitpun daun pisang hihihihi.



Hap...hap...ternyata Adek doyan juga ama klepon walau masih belepotan maemnya. Kalau kakak Naira jangan ditanya lagi, karena dia penggemar klepon sama seperti Bundanya. Alhamdulillah...


I submit klepon ubi rainbow for NCC Rainbow Week ^_^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==