KLAPPERTAART POTONG


Pengen mencoba klappertaart versi lain?  Yuk kita coba bikin klappertaart potong atau klappertaart kering. Sesuai dengan namanya, tekstur klappertaart ini berbeda dengan yang biasa aku bikin. Kalau klappertaart wilton baik yang unbaked atau yang baked au bain marie, teksturnya sangat lembut, sehingga untuk menikmati harus memakai sendok. Nah...kalau klappertaart versi kering bisa dipotong-potong. Teksturnya tetap lembut, walaupun tidak selembut klappertaart wilton.

Rasanya?? Trust me, tetap enaaak. Lembutnya klappertaart dengan daging kelapa muda yang banyak berpadu dengan harum aroma kayu manis. Nikmat sekali. Karena keluargaku suka sekali dengan olahan keju, maka kali ini aku membuat yang versi keju. Versi original-nya juga pasti enak juga.




Resep klappertaart ini aku lihat di salah satu blog favoritku Dapur Solia. Aku modif sedikit dan bikin yang versi keju. Untuk yang mau buat versi ori, tinggal skip kejunya ya.

KLAPPERTAART POTONG
source : Dapur Solia
modified by Nina

Bahan :
4 butir kuning telur
150 gr gula kastor
75 gr keju cheddar parut 
75 gr tepung terigu
2 sdm margarin lelehkan
100 ml air kelapa muda
1 sdt kayu manis bubuk
1 butir kelapa muda, keruk dagingnya
2 putih telur
30 gr gula kastor
25 gr maizena

Topping :
kismis secukupnya (rendam dengan air panas, tiriskan)
red cherry kering, potong-potong
keju cheddar parut memanjang secukupnya
1 butir kelapa muda, keruk dagingnya (seduh dengan air panas, tiriskan)
Almond, kenari cincang (skip, lagi gak punya)

Cara Membuat :
- Campur dan ayak terigu dan maizena, sisihkan.
- Kocok kuning telur dan 150 gr gula kastor sampai tercampur rata dan mengembang (adonan akan berbentuk pasta kental, tidak perlu hingga jambul petruk ya).
- Masukkan keju parut, kocok hingga rata sebentar, tambahkan tepung  terigu + maizena. Aduk rata memakai spatula. Tambahkan kayu manis bubuk, aduk rata.
- Masukkan margarin leleh dan air kelapa. Aduk rata kemudian masukkan kelapa muda.
- Kocok putih telur dan 30 gr gula kastor hingga kaku. Masukkan ke dalam adonan klappertaart. Aduk rata.
- Siapkan pinggan tahan panas (aku pakai uk 20x20 cm dan hasilnya kurang tinggi menurutku), oles tipis dengan margarin. Tuangkan adonan ke dalamnya.
- Oven dengan suhu 170'C. Setelah setengah matang, keluarakan beri topping sesuai selera dan teruskan memanggang hingga matang.
- Keluarkan dari oven, dinginkan dan siap dipotong-potong.




Dinikmati dingin dari kulkas enak banget lho, gak kalah dengan klappertaart wilton. Semakin banyak kelapa mudanya semakin mantap rasanya. Alhamdulillah....suamiku dan anak-anak suka. Adek gak berhenti tuh nyamilin klappy-nya ^_^







close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==