SUS VLA TIRAMISU


Lama juga gak bikin sus, akhirnya sebagai tanda perpisahan sementara dengan oven tersayang (haiyaa), aku memutuskan untuk membuat sus sebagai takjil kemarin. Kalau aneka cake, rasanya keluargaku sudah mulai bosan ya, tapi kalau sus...belum ada bosannya dan semua suka. Apalagi memang sudah lama tidak membuat sus sendiri.

Sebelum pergi weekend ke rumah mama seperti biasanya, aku buat dulu adonannya, spuit ke atas loyang dan masukkan oven. Karena memanggang sus ini memang lumayan lama, jadinya kutitipkan oven kepada mbak yang di rumah, sementara aku bisa keluar rumah sebentar menyelesaikan urusan-urusan sebelum lebaran heheheh. Eh kok ngelantur ya ceritanya >.<
Actually, sebenarnya ini sus vla biasa aja. Tetap pakai resep sus andalan, yang membedakan adalah kalau biasanya memakai vla vanilla ataupun vla coklat, kali ini aku menambahkan pasta tiramisu di adonan vla-nya. Haruuum deh. Jadi gak apa ya kalau aku namakan vla tiramisu, walau hanya menambahkan pasta-nya saja ^_^. Berikut ini resepnya ya...

SUS VLA TIRAMISU

Bahan Kulit Sus :
200 ml air
125 gr margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu
3 butir telur ukuran besar

Bahan Vla Tiramisu :
500 ml susu cair
50 gr tepung custard (bisa juga pakai maizena)
2 kuning telur
75 gram gula pasir
2 sdm pasta tiramisu

Cara Membuat :
- Kulit sus : Masak air, gula, margarin dan garam hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari tepi panci. Angkat dan dinginkan.
- Setelah adonan dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga tercampur rata.
- Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit dan semprotkan di atas loyang yang telah dioles margarin.
- Oven dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit atau sampai mengembang matang. Jangan sesekali membuka oven sebelum matang, agar sus tetap kokoh.
- Angkat dan dinginkan.
- Vla Tiramisu : Campurkan sebagian susu dengan tepung custard, aduk rata. Kocok lepas kuning telur dan masukkan ke campuran tepung custard. Aduk rata.
- Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut.
- Tuang campuran susu dan tepung custard, aduk cepat dan didihkan kembali.
- Angkat dari api dan masukkan pasta tiramisu, aduk rata. Dinginkan.

Penyelesaian :
- Gunting bagian tengah sus, dan jangan sampai terputus.
- Masukkan vla ke dalam plastik segitiga dan semprotkan ke dalam sus. Lakukan hingga habis
- Siap disajikan

Haruuum deh sus-nya, apalagi vla-nya juga sudah menggoda banget aromanya. Karena tidak sabar menunggu vla dingin, hap..hap...anakku udah maem sus-nya walau belum diisi vla :D



Sus fresh from the oven....seksi kan sus-nya. Menul-menul dan montok xixixixi :D
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==