SOSIS SOLO


Akhirnya bisa posting lagi disini, setelah selama 2 minggu absen gara-gara inet yang error dan juga karena dikejar deadline cookies. Jajanan yang 1 ini buatnya udah lama banget, kira-kira 2 minggu yang lalu ^_^. Pasti sudah banyak yang tahu tentang sosis solo kan, atau bahkan menjadikannya sebagai salah 1 jajanan favorit, seperti akuuu. Untuk yang belum tau, sekilas sosis solo ini mirip dengan risoles ya, tapi isiannya berbeda. Yang umum dijadikan sebagai isian adalah ayam yang disuwir-suwir, tapi kalau suka dengan isian seafood atau daging, tentunya gak kalah enaknya.

Resep kulitnya aku lihat di Sajian Sedap, sedangkan isiannya adalah hasil mengarang indah. Berikut ini resepnya ya..

SOSIS SOLO
source : Sajian Sedap
modified by Nina

Bahan Kulit :
1 butir telur kocok lepas
150 m santan dari 1/4 butir kelapa
50 gr tepung terigu
1/4 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian :
250 gr daging ayam cincang
1 butir telur
4 sdm santan kental

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
3 butir kemiri yang dibakar 
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :
- Kulit : Aduk rata semua bahan kulit hingga halus (saring bila perlu). Buat dadar tipis di wajan anti lengket, lakukan hingga semua adonan habis.
- Isian : Aduk rata bumbu halus, daging cincang dan santan, sisihkan.
- Ambil selembar dadar, beri isian secukupnya, kemudian lipat bentuk amplop. Lakukan hingga semua habis.
- Kukus sosis solo hingga matang, angkat.
- Panaskan minyak dan goreng sosis solo hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Rasanya guriiiih deh, kerasa sekali santannya. Nikmat disajikan bersama cabe rawit atau saus sambal favorit. 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==