TOPO MAP LOVE CAKE


Yihaaa.....akhirnya terbayar sudah rasa penasaranku akan cake yang 1 ini. Pertama kali tau tentang Topo Map Love Cake ini dari blog favoritku, yaitu blog-nya Mbak Hesti Saifuddin. Langsung tertarik melihat penampilan cake-nya yang cukup unik, yaitu cake berlapis dengan garis-garis coklat yang bergelombang menyerupai peta. Unik sekali. Tambah penasaran lagi setelah Teh Ike Hermawan juga membuat cake ini. Pengen tau kalau aku membuat sendiri, motif coklatnya akan jadi seperti apa ya??

Ternyata Topo Map Love Cake ini berasal dari Malaysia ya, istilah bahasa Melayu-nya adalah Kek Alunan Kasih. Mungkin istilah alunan kasih berasal dari garis coklatnya yang bergelombang seakan sebuah alunan ya hehehehehe. Resep yang kupakai adalah modif dari resep Mbak Hesti dan Teh Ike ya. Aku memakai pasta pandan dan pasta jeruk sebagai pewarnanya, sehingga selain dapat warna yang aku mau, cake-nya juga harum aroma pandan dan aroma jeruk. Untuk yang mau tau buatan Mbak Hesti bisa dilihat disini, sedangkan untuk melihat buatan Teh Ike yang tidak kalah cantiknya bisa klik disini

TOPO MAP LOVE CAKE (KEK ALUNAN KASIH)
modified by Nina

Bahan :
250 gr butter (aku pakai 150 gr margarin + 100 gr butter)
200 gr gula kastor
3 butir telur utuh
2 butir kuning telur
250 gr tepung terigu (aku pakai protein rendah)
15 gr maizena
70 ml susu cair
1 sdt essens vanilla
coklat bubuk secukupnya
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta jeruk

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (aku memakai loyang 20x10x6 cm), oles tipis dengan margarin, sisihkan.
- Campur dan ayak terigu dan maizena, sisihkan.
- Kocok butter dan gula pasir sampai pucat dengan mikser speed rendah, tambahkan vanilla kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
- Masukkan terigu berselang-seling dengan susu cair, matikan mikser dan aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian dan beri pasta pandan serta pasta jeruk, aduk rata.
- Tuang sebagian adonan orange  ke dalam loyang, taburi seluruh permukaannya dengan coklat bubuk (dengan cara diayak langsung di atas adonan ya).
- Tuang sebagian adonan hijau di atasnya, ratakan,taburi kembali dengan coklat bubuk dengan cara diayak. Kemudian tuang sisa adonan orange di atasnya, ratakan dan beri coklat bubuk kembali.
- Terakhir tuang sisa adonan hijau diatasnya, ratakan dan tidak usah diberi coklat bubuk.
- Oven selama kurang lebih 45 menit, setelah 20 menit, turunkan suhu oven menjadi 140'C.
- Angkat, keluarkan dari loyang dan siap dipotong-potong.

Gak sabar banget pengen tau 'alunan peta'-nya, jadi panas-panas langsung kupotong deh ^_^. Seperti yang bisa dilihat kan, motifnya unik dan pasti gak akan sama setiap kita membuatnya. Sebenarnya aku pengen bikin dengan spongecake, tapi kok takut gagal ya, takut gak keluar motifnya. Jadinya percobaan pertama tetap memakai buttercake deh.



Cake-ku ini harum pandan dan jeruk pastinya....so lain kali pengen coba dengan warna lain atau dengan pasta yang lainnya. Untuk yang penasaran dengan cake yang lagi booming ini, yuuuk bikin dan nantikan kejutan yang terlihat ketika kita memotong cake-nya :)




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==