PUDING LAPIS GULA MERAH



Bikin puding gula merah lagi yuk. Kali ini coba bikin yang versi lapis, pengennya sih jadinya nanti mirip lapis legit, tapi ternyata aku kurang tipis melapisnya. Jadinya malah kaya lapis beras deh >.<
Maklum aja ya, kalau bikin puding lapis kan memang harus telaten banget, kalau dibuat seperti lapis legit tentunya lapisannya harus tipis banget dan itu berarti harus dobel telatennya. Walau udah berusaha untuk sabaaar bikinnya, ternyata ada juga yang terlepas lho lapisannya. Jadi seperti foto yang kupasang disini, ada 3-4 lapis yang lepas dan tentunya haaap....langsung dimakan oleh anakku heheeheh.

Alhamdulillah keluargaku memang suka dengan puding gula merah, jadi bisa dipastikan kalau pudingnya laris manis deh. Bayangin aja siang yang terik buka lemari es dan ada potongan puding lapis ini....waaw. Untuk resepnya aku lihat di Tabloid Koki edisi jadul, yang sedikit aku modif. Aku tuliskan disini ya

PUDING LAPIS GULA MERAH
source : Tabloid Koki
modified by Nina

Bahan :
2 bungkus agar-agar plain
750 ml santan
700 ml air
200 gr gula merah, sisir halus
150 gr gula pasir
sejumput garam
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Untuk membuat lapisan coklat : masak gula merah, daun pandan dan air hingga gula larut, kemudian saring. Campurkan 1 bungkus agar-agar, beri sejumput garam kemudian masak kembali hingga mendidih. Angkat dari api.
- Untuk membuat lapisan putih : campurkan gula pasir dan 1 bungkus agar-agar, tuang santan dan beri daun pandan. Tambahkan sejumput garam dan masak hingga mendidih. Angkat dari api.
- Siapkan loyang atau cetakan agar-agar yang telah dibasahi air (aku memakai loyang ukuran 20x10x7 cm).
- Tuangkan 2 sendok sayur agar-agar coklat ke dalam loyang, diamkan hingga sedikit mengeras kemudian tuang 1 sendok sayur agar-agar putih. Diamkan hingga sedikit mengeras dan tuangkan kembali larutan agar-agar coklat. Teruskan melapis hingga habis.
- Dinginkan di dalam lemari es hingga set, keluarkan dari loyang / cetakan, siap dipotong-potong sesuai selera.



Tuh jadinya kurang tinggi ya, karena memang ada beberapa lapisan yang lepas tadi >.<
Sedikit tips, untuk mempercepat agar-agar mengeras, loyang / cetakan bisa diletakkan di dalam wadah yang sudah diisi dengan es batu. Kipas angin juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat agar-agar mengeras. Apabila larutan agar-agar di dalam panci mulai mengeras, maka bisa dipanaskan lagi dengan api kecil sebentar saja ya. 

Untuk membuat puding lapis, memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan serta harus tahu timing yang tepat untuk mulai melapis lagi. Ketika melapis tadi, sepertinya sudah yakin aja kalau timingnya tepat dan tidak akan ada lapisan yang lepas, tapi ternyata ada juga yang lepas ya. It's oke...practice make perfect kan.
Oh ya....harus hati-hati ketika mengeluarkan puding dari loyang /cetakannya ya. Kalau kurang hati-hati, bisa juga lapisan yang harusnya sudah set, jadinya malah lepas. 
Selamat mencoba ya....semoga sesuai selera keluarga.



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==