AYAM KREMES


Our main menu today...Alhamdulillah. Sebenarnya lagi bingung mau masak apa buat buka puasa hari ini. Buka-buka kulkas dan ingat kalau masih punya ayam kampung. Rencananya ayam kampung itu mau kuolah menjadi bothok ayam...hmm...udah lama gak makan bothok ayam yang enak. Karena teringat putriku Naira yang juga puasa dan doyan banget makan ayam kremes, jadinya putar haluan. Kuolah aja ayam kampungnya menjadi ayam kremes. Gak kalah enak kan dengan bothok ayam.

Resep ayam kremesnya aku lihat di salah satu blog favoritku yaitu Pawonomah, milik sahabatku Yunita. Pastinya gak usah diragukan lagi kelezatannya karena memang mbak Yunita ini jago banget masak. Pengen bikin ayam kremes juga? Yuuks...disimak resepnya

AYAM KREMES

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang (bisa juga pakai ayam negeri ya)
1 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 batang sereh

 Bumbu halus untuk ungkep ayam :
7 bawang putih
1 sdt ketumbar
1 ruas kunyit
garam secukupnya
air untuk merebus

Bahan Kremesan :
50 gr tepung beras
2 sdt tepung kanji
1 sdt tepung maizena
250 ml santan
garam secukupnya

Bumbu halus untuk kremesan :
4 siung bawang putih, goreng sebentar
3 kemiri, goreng hingga kecoklatan
2 cm kunyit, goreng sebentar
1/2 sdt ketumbar bubuk

Cara Membuat : 

Ayam :
- Ungkep ayam dengan bumbu ungkepan, daun jeruk, daun salam, serai dan air hingga empuk.
- Setelah cukup empuk, goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan (jangan terlalu garing ya)
- Sisihkan

Kremesan :
- Campurkan bumbu halus ke dalam santan, aduk rata.
- Campurkan tepung beras, tepung kanji dan maizena ke dalam santan yang sudah berbumbu. Aduk rata hingga tidak bergerindil. Adonan akan berbentuk cair, tidak kental. Apabila dirasa masih kental, bisa ditambahkan sedikit air.
- Tambahkan garam secukupnya, aduk rata.
- Panaskan minyak dengan api sedang-besar dan tunggu hingga minyak benar-benar panas.
- Ambil 1 sendok sayur kremesan, tuang sedikit demi sedikit ke atas minyak panas dengan jarak agak tinggi dari wajan.
- Tunggu hingga adonan menyebar kemudian tuang lagi dan tunggu kembali. Lakukan hingga adonan kremesan dirasa cukup banyak.
- Biarkan sebentar hingga adonan sedikit terbentuk dan kering.
- Angkat dan tiriskan.

Penyelesaian :
- Taburkan kremesan di atas ayam
- Sajikan bersama nasi hangat, lalapan dan sambal favorit



Karena aku memotong ayam dengan ukuran yang cukup besar (1 ekor dibagi menjadi 4 bagian), jadinya ayamnya tidak aku gulung di dalam kremesan, tetapi cukup ditaburkan di atas ayam. Lagian kalaupun mau nekad digulung juga kayanya bakal susah, soalnya gak punya wajan yang besar heheheheh. Next time ya bikin yang model digulung dalam kremesannya.

Alhamdulillah....nikmatnya buka puasa hari ini. Semua makan dengan lahap, entah karena lapar atau memang karena ayam kremesnya yang enak ^_^. Recomended to try ya, yakin deh anak-anak pasti suka. Thanks a ton mbak Nita for the recipe.

Sst...ini dia salah satu faktor yang bikin lahap. Sambalnya enaaak banget xixixixixi


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==