OSENG CUMI CABE HIJAU


Udah lama banget ya gak posting masakan, padahal tiap hari juga masak buat keluarga cuma males aja foto-fotonya. Yang ada biasanya selesai masak langsung buru-buru prepare buat aktivitas di luar rumah. Hari Minggu kemarin karena sedang santai, iseng-iseng aja foto-foto masakan lagi. Padahal yang difoto juga masakan yang simpel banget, masaknya pake bumbu iris-iris aja dan cemplang cemplung. Jadi deh.

Karena suamiku suka dengan olahan cumi dan kebetulan tukang sayur langganan bawa cumi, jadilah menunya oseng cumi aja ya. Sebetulnya pengen masak cumi isi, tapi karena ukuran cuminya gak terlalu besar, jadinya dipotong-potong aja deh. Alasan niy ya...padahal sebenarnya pemalas :D
Siapapun pasti bisa memasak oseng cumi ini, karena memang gampang banget. Yuk diintip resepnya

OSENG CUMI CABE HIJAU

Bahan :
400 gr cumi, cuci bersih dan buang tintanya, potong-potong
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1-2 sdt garam
1 sdt merica
1 sdm garam
2 sdt kecap manis (atau sesuai selera)
1 jeruk nipis, peras airnya
1 buah tomat potong-potong
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Iris :
5 cabe hijau potong serong
1 cabe merah potong serong
3 cabe rawit, potong-potong
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis

Cara Membuat :
- Kucuri cumi dengan air jeruk nipis, remas-remas. Diamkan sebentar kemudian cuci dengan air bersih.
- Panaskan minyak, masukkan bumbu iris. Aduk hingga harum.
- Masukkan daun salam dan lengkuas, aduk rata.
- Masukkan cumi, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula, merica dan kecap manis. Aduk rata.
- Masak sebentar hingga cumi empuk, test rasa.
- Masukkan tomat potong, aduk rata.
- Angkat dan siap dihidangkan.

Cukup simpel kan, baik bumbu dan juga pengolahannya. Rasanya juga sedap lho. Di foto bisa dilihat kalau ada sedikit kuah, yang berasal dari air yang dikeluarkan cumi ketika dimasak. Jadi tidak usah diberi tambahan air lagi ya. 

Oseng cumi ini dinikmati bersama gulai nangka, rebusan daun singkong dan sambel hijau. Cocok gak sih menunya? Dicoco-cocokin aja kali  xixixixix. Eh ya...jangan lupa kerupuk ya biar tambah nikmat ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==