MANGUT IKAN TONGKOL



Pagi tadi waktu belanja di tukang sayur langganan, ternyata ada bawa ikan tongkol asap yang dijepit dengan memakai bambu. Langsung aja ingat suamiku yang suka banget dengan olahan ikan..langsung dibeli deh. Sesampainya di rumah aku tawarkan untuk mengolah ikan tersebut menjadi Mangut dan langsung disetujui. Yihaaa....senengnya bisa menikmati lagi menu yang satu ini. Apalagi beberapa hari yang lalu udah dibuat mupeng oleh salah seorang teman FB yang masak Mangut.

Dulu ketika masih kuliah di Semarang, aku sering banget menyantap Mangut karena memang menu ini sangat populer di Jawa Tengah. Umumnya olahan Mangut memakai ikan pe, bisa juga memakai ikan lele atau ikan tongkol ini. Syarat wajibnya ikan tersebut harus diasap. Kebayang kan gimana nikmatnya aroma ikan asap yang dipadukan dengan kuah santan yang gurih dan juga rasa pedasnya. Hmmm...suka banget.

Sebelum memasak tadi sempat telpon Mama sekedar memastikan bumbu-bumbu yang kupakai sudah benar, karena memang Mamaku asli Jawa Tengah. Kali ini kumodif sedikit dengan menambahkan cabe merah di bumbu halusnya, jadi warna kuahnya menjadi sedikit kemerahan.
Here's the recipe ya....

MANGUT IKAN TONGKOL

by Nina

Bahan :

5 ekor ikan tongkol asap (bisa diganti ikan pe asap atau ikan lele asap ya)
1 kotak tahu, potong-potong dan goreng sebentar hingga berkulit
2 buah daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
6 cabe hijau, iris serong
2 cabe merah iris serong
10 cabe rawit (bisa dibiarkan utuh atau diiris halus)
1 buah tomat ukuran sedang, potong-potong
800 ml santan
1 sdm gula merah sisir halus
gula, garam dan merica secukupnya

Bumbu Halus :
2 cabe merah
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm kencur
1 sdt terasi

Cara Membuat :
- Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
- Masukkan cabe iris, daun salam dan lengkuas, aduk hingga rata.
- Masukkan tahu, aduk perlahan kemudian masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
- Masukkan gula merah,bumbui dengan gula pasir, garam dan merica. Masak hingga mendidih.
- Masukkan ikan tongkol asap, masak hingga bumbu meresap sambil sesekali diaduk. Test rasa.
- Masukkan tomat dan cabe rawit, masak sebentar.
- Angkat dan siap dihidangkan

Apabila suka, olahan mangut ini bisa ditambahkan dengan petai atau labu siam ya. Karena kurang suka petai, jadi aku skip aja. Alhamdulillah kata suamiku rasanya pas. ^_^


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==