BRANDY SNAPS WITH FRUITY COCKTAIL (LBT#15)


Alhamdulillah...akhirnya bisa ikutan juga PR LBT#15 ini, secara bikinnya baru tadi siang euy >.< Dulu udah pernah nyobain juga, tapi gak sempat difoto-foto. Kupikir karena bikinnya cepat ntar bisa segera bikin lagi, ternyataaaa.....kesibukan dan rasa malas mengalahkan segalanya dan baru sempat bikin tadi xixixixi. 

Aku sendiri awalnya masih asing dengan nama Brandy Snaps ini dan karena LBT jadi bertambah lagi pengetahuan di dunia baking. Thanks LBT. Berikut ini aku copy-kan deskripsi Brandy Snaps yang ada di dokumen grup ya
Brandy Snaps adalah salah satu dessert dari negara Inggris, Irlandia, Australia dan New Zealand. Di Prancis disebut juga sebagai Gateaux Croquant a la Creme. Brandy Snaps terbuat dari gula, butter,golden syrup, tepung, jahe bubuk dan cream. Walau namanya adalah Brandy Snaps namun tentu saja tidak harus menggunakan brandy yang merupakan salah 1  minuman beralkohol dalam pembuatannya. (source : dokumen grup LBT). Bahan-bahannya mudah didapat dan relatif  mudah cara pembuatannya walau sedikit tricky ya. Brandy snaps dapat dikreasikan sesuai selera, bisa digulung, dibentuk menyerupai cone, dilipat atau dibentuk seperti mangkok. Isian atau fillingnya juga bisa disesuaikan dengan selera, bisa berupa whipcream kocok, es krim,  cream cheese frosting, atau juga buttercream. Karena terbuat dari gula dan tentu saja rasanya manis,maka lebih disarankan untuk memilih fillling yang ringan ya. Kali ini aku memilih filling whipcream kocok yang dipadukan dengan fruit cocktail yang segar untuk mengimbangi rasanya yang manis.

BRANDY SNAPS WITH FRUITY COCKTAIL
source : Mary Berry
modified by Nina

Bahan :
50 gr butter
50 gr gula (aku pakai 35 gr gula pasir + 15 gr gula palem)
50 gr golden syrup
50 gr tepung terigu serba guna
1/2 sdt jahe bubuk (aku memakai kayu manis bubuk)

Filling / topping :
whipcream kocok, fruit cocktail atau buah segar sesuai selera

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C. Alasi loyang dengan baking parchemnt (kertas roti).
- Masukkan butter, gula dan golden syrup ke dalam panci. Masak di api sangat kecil sambil diaduk secara perlahan sampai meleleh dan tercampur rata. Angkat dan diamkan sebentar.
- Ayak tepung terigu dan kayu manis bubuk, masukkan ke dalam panci dan aduk sebentar hingga tercampur rata.
- Sendokkan secukupnya adonan ke atas loyang, oven 6-8 menit hingga adonan berwarna kecoklatan.
 Angkat dari oven dan diamkan sebentar hingga hangat, angkat menggunakan pisau tipis balikkan dan gulung di pegangan wisker atau cetak dengan menggunakan bantuan gelas yang sudah dioles tipis mentega atau minyak. Diamkan hingga adonan dingin dan set.
- Siap diberi filling atau topping sesuai selera


Sst...sebenarnya selain bikin yang bentuk mangkok, aku juga bikin yang bentuk cone lho, sempat kefoto juga kok. Nah...sewaktu akan mengubah posisi foto, yang bentuk cone malah kesenggol dan jatuuuh ke lantai..wuaaa. Ya wis lah yang disetorin yang bentuk mangkok aja ^_^


Tuh kan keliatan sedikit yang bentuk cone, belum juga dizoom udah keburu jatuh dan berantakan smua heuheuheu....
Thanks LBT....bertambah lagi ilmu bakingku. Sukses selalu buat host dan LBT'ers...huuugs
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==