TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE

Ini bisa dibilang proyek nekad yang dibuat tanpa persiapan yang matang. Ngebet banget pengen buat karena emang udah lama pengen bikin mousse cake gara-gara liat punyanya Teh Ricke Indriani yang cantiiik banget. Kebetulan udah punya gelatin bubuk, jadi kupikir tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep ini.
Weits....ada lagi yang belum punya, yaitu springform loyang atau loyang bongkar pasang atau loyang ring bulat. Tapi kupikir itu bisa diganti dengan mika yang kubeli di tukang fotokopi xixixixi. Daaan....karena nekad dan bikin mika-nya asal aja, hampir aja terjadi tragedi mousse cake >.< (halaaah bosonya tuh).

Dan inilah my first mousse cake


Whuaaa.....berantakan banget yak, layernya gak sama tebalnya. Awalnya aja udah salah ambil loyang untuk membuat cake-nya, harusnya loyang 20-22 cm, aku malah pakenya loyang 18 cm...hadeeeh. Makanya jadi tinggi banget yak. Udah kebayang aja waktu itu bakal gagal buatnya, karena memang aku asal-asalan aja bikin mika-nya. Kupikir udah cukup kuat ternyata sewaktu menuang mousse yang coklat malah meleber kemana-mana. Paniiik, untungnya cepat-cepat aku pindahkan lagi ke bowl dan akhirnya memang ada yang kebuang mousse coklatnya. Minta tolong ke suamiku untuk bikinin mika yang lebih kokoh lagi. Maklum aja ya aku hanya memakai mika fotokopi-an jadi harus disambung-sambung supaya membentuk bulat dan kokoh. Hiiiks....satu pelajaran penting kudapat lagi, gak boleh asal aja kalau mau ngebaking, harus benar-benar dipersiapkan dengan matang, baik itu bahan baku ataupun alat-alatnya.

Ada kejadian lagi, saat sabuk coklat yang aku pasang mengelilingi cake belum set benar dan masih tersimpan di kulkas, ternyata isolasinya kebuka. Hiiiks....sabuknya ada yang terlepas di beberapa bagian karena memang kurang lama di kulkasnya. Akhirnya aku pasrah aja deh cake-nya langsung dipotong-potong padahal belum difoto secara utuh. Kalau cake-nya sih udah siap untuk dinikmati karena sudah semalaman aku simpan di kulkas. Baru ingat kalau belum ada fotonya ketika cake tinggal separuh aja hahahahah...^_^

Back to the cake, rasanya seperti yang sudah kuduga....enaaak dan lembut. Terdiri dari 4 layer, yaitu 2 layer dark chocolate cake, 1 layer dark chocolate mousse dan 1 layer white chocolate mousse. Untuk yang mau tau resep asli dan TCMC Bunda Ricke yang super cantik bisa klik disini ya.
Untuk cake dan mousse-nya aku memakai resep yang sama dengan Bunda Ricke. Hanya untuk chocolate glaze-nya aku memakai yang lebih sederhana, hanya memakai dark cooking chocolate + unsalted butter aja.
So...check the recipe ya

TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE
source : Ordinary Kitchen
modified by Nina

Dark Chocolate Cake
Bahan :
5 butir telur
75 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier (skip)
1/2 sdt vanilla
70 gr tepung terigu protein sedang
30 gr coklat bubuk
10 gr maizena
50 gr butter (aku pakai margarin)
40 gr dark chocolate (DCC) cincang
1 sdt pasta coklat (skip)

Cara Membuat :
- Siapkan loyang bulat ukuran 20-22 cm, alasi dengan kertas roti, oles mentega, sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan maizena. Sisihkan.
- Lelehkan DCC bersama margarin/butter, dinginkan.
- Kocok telur bersama gula dan emulsifier hingga mengembang, masukkan vanilla. Kocok terus hingga mengembang, kental dan membentuk jambul petruk.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata.
- Masukkan campuran butter/margarin dan DCC. Aduk balik hingga rata dan tidak ada endapan di adonan.
- Tuang ke dalam loyang dan oven 180'C selama 30-35 menit hingga matang (tergantung masing-masing oven ya).

Atau bisa juga dengan metode all in one, yaitu campur semua bahan menjadi satu, kecuali campuran margarin-DCC. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak (sekitar 20 menit). Masukkan campuran margarin-DCC dan aduk balik hingga tercampur rata, tuang ke dalam loyang dan siap dipanggang hingga matang.

Dark Chocolate Mousse
Bahan :
110 gr susu cair (ditimbang ya)
5 gr gelatin bubuk
2 sdm air dingin
175 gr dark chocolate (DCC)  cincang
300 gr non dairy whipcream dingin (aku pakai  100 gr whip cream bubuk + 200 ml air dingin sekali)

White Chocolate Mousse
Bahan :
110 gr susu cair (ditimbang)
5 gr gelatin bubuk
2 sdm air dingin
175 gr white chocolate (WCC) cincang 
300 gr non dairy whipcream dingin (aku pakai  100 gr whip cream bubuk + 200 ml air dingin sekali)

Cara Membuat :
Dark Chocolate Mousse
- Larutkan gelatin dengan 2 sdm air dingin, aduk rata dan diamkan sekitar 5 menit. Gelatin akan menyerap air dan membentuk gel. Sisihkan.
- Panaskan susu cair dengan api kecil cukup sampai terlihat bagian pinggirnya mulai mendidih. Matikan api.
- Masukkan gelatin, aduk rata dengan menggunakan hand whisk sampai gelatin benar-benar larut.
- Letakkan DCC dalam wadah dan tuangkan susu panas tadi. Diamkan hingga coklat mulai meleleh dan aduk hingga tercampur rata. Sisihkan dan jaga agar tetap hangat kuku.
- Kocok whip cream hingga setengah kaku / soft peak, masukkan secara bertahap campuran coklat. Aduk rata

Penyelesaian :
- Belah cake menjadi 2 bagian sama besar, trim sedikit bagian atas cake yang berkulit.
- Letakkan selembar cake pada ring bulat / springform loyang (aku memakai mika). Basahi seluruh permukaannya dengan simple sirup.
- Tuangi dark chocolate mousse, ratakan dan simpan di freezer supaya set.
- Buat white chocolate mousse dengan cara yang sama dengan dark chocolate mousse
- Setelah dark chocolate mousse set, keluarkan dari freezer dan tuang atasnya dengan white chocolate mousse. Ratakan
- Tutup dengan selembar cake lainnya dan simpan kembali di dalam freezer supaya set.
- Setelah cukup set, siram permukaan atasnya dengan chocolate glaze dan simpan kembai di freezer.Bekukan 3-4 jam baru dikeluarkan dari ring atau dilepas mikanya.
- Siap disajikan dingin

Chocolate Glaze 
Bahan :
75 gr DCC cincang
50 gr unsalted butter

Cara Membuat
Campur DCC cincang dan unsalted butter dan lelehkan dengan cara ditim.
Siap disiramkan di atas cake.


Tetap aja potongannya berantakan sana sini dan belum bisa rapi :( Kurang telaten sih ya. Tuh keliatan banget kan kalo tebal layernya gak sama. Belah cake-nya juga gak sama, dark chocolate mousse-nya ada yang kebuang, lengkaplah sudah ketidaksamaan ini xixixixi >.<
Tapi jangan tanya rasanya ya....enaaak banget, lembut dan pas. Kalau aku paling suka dengan lapisan white mousse-nya, berasa makan es krim deh pokoknya. Siang-siang makan cake ini.....heavenly  ^_^

Masih tetap penasaran, pengen buat yang lebih bagus lagi, tentunya harus dengan persiapan yang matang ya. Dan itu berlaku untuk semua yang akan kita buat ya, gak cuma cake ini aja. Hasil baking dan cooking kita akan jauh lebih bagus kalau kita persiapkan bahan dan alat-alatnya dengan matang. 


Tuh kan..waktu difoto, cake-nya tinggal separo aja, itupun sabuk coklatnya udah dicuwilin ama anak-anak ^_^





close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==