RAINBOW CAKE





Finally I did it, walaupun gak karuan bentuknya tapi sudah bisa menuntaskan rasa penasaranku yang pengen banget bikin rainbow cake. Seperti yang kita ketahuin, sekarang ini rainbow cake sedang booming banget. Sudah banyak rekan-rekan yang membuatnya dengan hasil yang sangat menakjubkan. Sebenarnya rainbow cake atau cake yang berlapis-lapis ini sudah lama ya ada, cuma dahulu lapisannya tidak sebanyak yang sedang booming sekarang ini. Kita bisa lihat di resep-resep NCC, misalnya di resep cake kukus mambo. Mirip kaaan, hanya saja lapisannya lebih sedikit dengan warna yang lebih soft.

Base cake rainbow cake bisa memakai cake apa saja, baik yang dikukus ataupun dipanggang. Kali ini aku memilih base cake spongecake NCC, karena memang aku lebih menyukai tekstur spongecake dibandingkan buttercake yang lebih beremah. Niatnya sih tadi bikin ukuran kecil aja, karena memang persediaan telur juga terbatas. Tapi....loyang yang kupunya cuma 20x20 cm, pasti kebesaran deh. Gak apa deh, walau udah kebayang kalo jadinya tipis. Menurutku ukuran 1 resep di bawah ini bisa dipakai untuk  loyang bulat ukuran 15-16 cm. Untuk loyang kotak ukuran 20x20 cm seperti yang kupakai akan lebih pas bila membuat 2 resep.
Berikut ini resepnya ya

RAINBOW CAKE
source : Spongecake NCC
modified by Nina

Bahan :
8 butir telur antero suhu ruang
200 gr tepung terigu serbaguna / protein rendah
1 sdm emulsifier
200 gr gula kastor 
100 gr butter lelehkan
1/2 sdt vanilla
pewarna merah, kuning, hijau, orange, biru dan ungu

Filling :
bisa memakai buttercream, whipcream kocok atau ganache

Cara Membuat :
Siapkan 6 buah loyang (aku pakai ukuran 20x20cm dan kebesaran), poles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan poles kembali.
Ayak tepung terigu, sisihkan
Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang. Masukkan vanilla, kocok telur hingga mengembang, putih dan kental.
Turunkan speed mixer, masukkan tepung terigu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
Matikan mixer, masukkan butter leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
Timbang adonan dan bagi menjadi 6 bagian sama banyak (dgn cara ditimbang lagi ya). Beri warna masing-masing bagian dan tuang ke dalam loyang.
Oven dengan suhu 180'C hingga matang.

Penyelesaian :
Balikkan cake yang telah matang dimulai dari warna ungu, olesi dengan filling dan tumpuk dengan cake lainnya. Lakukan hingga lengkap 6 lapis.

Rasanya enak, teksturnya juga lembut karena memang merupakan jenis spongecake. Karena memakai filling white ganache, aku merasa jadinya terlalu manis deh. Padahal aku juga tipis-tipis aja waktu mengoles fillingnya. Next time kalau buat lagi dan memakai filling ganache, takaran gulanya sedikit dikurangi deh.
Yang pasti anak-anak senang banget begitu tau di kulkas ada cake warna-warni. Bahkan Adek langsung nyanyi lagu Pelangi lho :D
Next time better ya....smoga ada kesempatan untuk bikin steam rainbow cake ^_^





close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==