PROLL TAPE




Sebenarnya sudah cukup sering juga bikin proll tape ini, tapi ternyata belum pernah tayang di blog ya. Proll tape ini kubuat siang tadi untuk bekal ke Surabaya. Sempat bingung antara bikin brownies, cake pandan atau proll tape ini, akirnya aku tanyakan ke suamiku mau pilih yang mana dan jawabnya adalah proll tape. Siaaap...meluncur ke dapur ^_^

Resep yang kupakai adalah Proll Tape Surabaya tanpa obat-obatan yang dijadikan Tantangan Mbak R yang ke-2 beberapa bulan yang lalu. Tanpa obat-obatan maksudnya adalah tanpa pengembang kue, emulsifier dan sejenisnya. Dulu sudah niat banget pengen ikut Tantangan Mbak R ini, malahan sempat 2x buat lho tapi akhirnya gagal ikut juga. Yang pertama file-nya rusak jadi fotonya gak bisa dibuka dan yang kedua proll tape-nya gak karuan bentuknya karena dipotong anak-anak padahal belum sempat difoto haahahah. It's oke yang penting udah tau rasanya. Jadi kali ini tetap pakai resep dari mbak R, udah cocok banget deh.

PROLL TAPE
source : Mbak R

Bahan :
150-175 gr tape singkong buang seratnya, haluskan (aku pakai 160 gr)
1 sachet susu kental manis (sekitar 42-45 gr)
4 butir telur antero
75 gr gula pasir
75 gr tepung terigu all purpouse
10 gr maizena
15 gr susu bubuk
75 gr butter low calorie (aku pakai margarin)
25 gr minyak zaitun (aku pakai minyak sayur kualitas baik)
keju cheddar parut secukupnya
kismis secukupnya

Cara Membuat :
Siapkan loyang 18x18 cm (aku pakai loyang loaf), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali. Sisihkan
Haluskan tape dengan menggunakan sendok, beri susu kental manis. Campur hingga rata, halus, teksturnya kental tapi tidak padat. Sisihkan
Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan.
Lelehkan butter dan minyak, dinginkan.
Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental berjejak. 
Bagi tape menjadi 2 bagian dan masukkan ke adonan telur secara bertahap. Masukkan bagian pertama, mixer dengan kecepatan rendah hingga merata. Masukkan bagian kedua, mixer pelan merata (jangan terlalu lama ya, asal sudah tercampur rata aja). Matikan mixer.
Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk merata memakai spatula (jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak turun terlalu banyak). ---> aku masukkan kismis yang sudah dibalur sedikit tepung.
Tuang campuran butter leleh dan minyak ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata.
Taburi dengan keju cheddar parut.
Tuang ke dalam loyang, panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 25-30 menit hingga matang.
Angkat dan keluarkan dari loyang.

Ssst...sebenarnya ada tragedi juga, gara-gara ditinggal ngobrol dengan suami dan teman yang datang, proll tape ini nyaris gosong lho...hadeeeeh >.<
Untungnya ada yang ngingetin dan hasilnya pinggirannya udah coklat banget, jadi kurang cantik deh. Untung aja bawahnya masih kecoklatan dan belum hitam :D. Akhirnya ditrim sedikit dan jadilah seperti foto-foto ini hehehehe. Hasil potongannya aja tetap laris. Enak kata keluargaku.



Lembut teksturnya, manisnya pas dan tetap terasa banget tapenya. Gunakan tape dengan kualitas yang baik ya karena akan sangat berpengaruh pada rasanya, namanya juga proll tape yak ^_^



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==