OPERA CAKE EKONOMIS (AGAIN)


Kembali membuat opera cake, walau masih tetap opera cake versi ekonomis. Beberapa waktu yang lalu juga sudah pernah membuat opera cake ekonomis yang bisa dilihat disini. Masih tetap memakai spongecake sebagai pengganti jaconde, tapi kali ini aku memakai resep spongecake dari NCC. Kalau dahulu aku memakai filling coklat dan ganache sebagai fillingnya, kali ini aku memakai filling coklat dan buttercream yang diberi pasta kopi. Spongecake-nya aku membuat 4 layer dengan layer teratas tetap dicover ganache dan terakhir disiram dengan chocolate glaze.


Resep spongecake-nya bisa memakai resep mana aja ya. Karena memang hafal dengan resep spongecake NCC, jadi ya kemarin pakai itu aja. Duuuh...tetap gak rapi ya waktu trim cake-nya, kok susah banget ya *garuk-garuk*. Waktu selesai menyiram chocolate glaze tampak cantik banget, bisa mengkilat. Karena udah sore, jadi cake aku masukkan kulkas dulu dan kutinggal mandi. Ternyata...di kulkas malah ketetesa air...whuaaaa. Tuh kan kelihatan ada bekas putih-putih di bagian atasnya :(
Untung aja untuk konsumsi sendiri, jadi it's oke lah.

OPERA CAKE EKONOMIS (AGAIN)

Bahan Spongecake :
8 telur antero ukuran sedang
200 gr gula pasir
200 gr tepung terigu serbaguna
100 gr butter ---> lelehkan
1 sdt esens vanilla

Cara Membuat :
Siapkan 4 buah loyang (aku pakai ukuran 20x20 cm), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali.
Ayak tepung terigu, sisihkan
Kocok telur bersama gula hingga setengah mengembang, masukkan esens vanilla. Teruskan mengocok hingga mengembang, pucat dan kental.
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah.
Masukkan butter leleh, aduk balik dengan memakai spatula hingga tercampur rata.
Oven dengan suhu 170'C hingga matang (kurleb selama 15 menit).
Angkat dan dinginkan

Filling :
Filling coklat siap pakai
Buttercream yang ditambahkan dengan esens kopi
Simple sirup yang ditambah dengan 1 sdt kopi bubuk (25 gr gula pasir + 75 ml air---> panaskan hingga gula larut, tambahkan kopi bubuk instan)
Ganache (50 gr whipcream bubuk, campur dengan 100 ml air dan 125gr DCC ---> lelehkan hingga larut dan merata)

Siraman :
Chocolate Glaze (75 gr dark cooking coklat potong-potong, lelekan bersama 50 gr unsalted butter ---> segera siramkan pada permukaan cake)
Untuk siraman bisa juga memakai ganache siram

Penyelesaian :
Ambil selembar spongecake, basahi dengan simple sirup kemudian oles dengan filling coklat siap pakai.
Ambil selembar spongecake ke-2, tumpuk di atas spongecake yang pertama, basahi simple sirup dan oles dengan buttercream.
Ambil spongecake ke-3, tumpuk di atasnya, basahi dengan simple sirup dan oles kembali dengan filling coklat.
Ambil spongecake ke-4, tumpuk di atasnya, basahi dengan simple sirup dan oles dengan ganache.
Terakhir siram dengan chocolate glaze.
Setelah didinginkan dan set, trim bagian tepi cake agar rapi.



 Sukaaa banget ama cake yang satu ini, benar-benar jadi favorit keluarga. Aku lebih suka menikmati dengan cara dipotong kecil-kecil dan makannya pelan-pelan, serasa menikmati banget deh hihihii. Sst...dinikmati bersama ice cream ternyata enak banget lho. Masih penasaran dengan real opera cake, smoga next time bisa bikin juga ya ^_^




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==