MARTABAK TELUR




Martabak telur pertamaku hihihihi ^_^. Sebenarnya iseng banget ya bikin, soalnya kan gampang aja beli. Tapi pengen aja bisa bikin martabak telur sendiri, selain lebih puas makannya, juga terjamin bahan-bahannya. Isiannya juga bisa disesuaikan dengan selera kita. Walau martabak telur-nya masih berantakan bentuknya, tapi enak lho rasanya, gurihnya pas, apalagi isian daging gilingnya melimpah. Gak heran deh kalau martabaknya jadi gendut-gendut >.<

Resep martabak telurnya aku modif dari Tabloid Koki. Gampang aja kok ternyata bikinnya, tapi untuk menipiskan adonan, aku gak bisa pakai cara dilempar-lempar kaya abang penjual martabak itu ya hehehehe. Cukup digiling dengan menggunakan roling pin, beres deh. Yang mau mencoba...berikut ini resepnya ya

MARTABAK TELUR
source : Tabloid Koki
modified by Nina

Bahan :
200 gr tepung terigu all purpouse
1/4 sdt garam
1 butir telur ayam
air secukupnya (kurang lebih 100 ml)
minyak goreng secukupnya

Bahan Isi :
150 gr daging giling, tumis hingga matang
3 batang daun prei iris tipis
3 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Pelengkap :
Acar
Saus sambal / saus tomat

Cara Membuat :
Adonan kulit : campur tepung terigu, garam dan telur hingga rata.
Tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan kalis.
Timbang adonan 25-30 gram, bulat-bulatkan adonan dan rendam dalam minyak goreng hingga seluruhnya tenggelam, kurang lebih selama 1 jam. Sisihkan.
Adonan isi : campur rata semua bahan isi, aduk hingga rata
Ambil 1 buah adonan kulit, tipiskan, beri isian secukupnya dan lipat.
Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Lakukan hingga semua adonan habis.

Mudah bukan membuatnya. Sebenarnya kalau seperti abang-abang penjual martabak, adonan yang sudah ditipiskan langsung diletakkan di atas pan dan diberi isian kemudian dilipat. Tapi karena aku merasa kesulitan dengan cara tersebut, maka adonan yang sudah ditipiskan, aku beri isian terlebih dahulu, dilipat kemudian baru digoreng di atas pan. Hasilnya sama aja kok. Kulitnya renyah dan isiannya gurih banget.
Akan lebih enak lagi kalau memakai telur bebek untuk isiannya, tapi karena aku gak punya, ya pakai telur ayam aja deh hehehehe. Isian bisa disesuaikan dengan selera keluarga ya, bisa memakai daging giling, tuna, daging kepiting, jamur ataupun kornet.


Tuh kan gendut-gendut martabaknya, isiannya banyak banget, jadi puas maemnya ^_^
Selamat mencoba ya, semoga cocok dengan selera keluarga.
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==