BOLU HONGKONG KEJU

Sampai kelupaan ya untuk posting bolu hongkong keju aka bolhong keju yang kujanjikan dulu. Emang ada yang nanyain? xixixixi. Bolhong keju ini yang aku jadikan basecake elephant cake beberapa waktu yang lalu. Agak-agak males posting karena fotonya jelek nian tapi tetap perlu diposting karena memang belum pernah aku tulis di blog. Dulu pernah posting bolhong coklat dan bisa dilihat disini

Bolhong adalah cake yang pembuatannya dengan metode pengocokan putih dan kuning telur terpisah, sehingga teksturnya menjadi lembut dan ringan. Menurutku lebih ringan dibandingkan spongecake. Cake lain yang cara pembuatannya dengan metode pengocokan telur terpisah antara lain adalah Japanese Cheese Cake, Cheddar Cheese Cake, Chiffon Cake, Tres Leches Cake dan masih banyak lainnya. Hampir semuanya bertekstur lembut dan ringan. Nah....smoga foto yang di bawah ini bisa menggambarkan tekstur yang kumaksud tadi.


Maafkan fotonya seadanya dan burem banget. Kebetulan ada sisa adonan dan kutuang di loyang loaf kecil dan ketika matang langsung dipotong-potong. Berhasil menyelamatkan 1 potong dan kufoto-foto deh ^_^
Resepnya aku lihat di Ordinary Kitchen-nya teh Ricke Indriani. Here's the recipe ya

BOLU HONGKONG KEJU
source : Ricke Indriani, adapted from Saji

Bahan :
4 kuning telur
30 gr gula kastor
1 sdt emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
1/2 sdt essens vanilla
1 sdm susu cair
1/2 sdt perasan air jeruk nipis (aslinya pakai cream of tartar)
50 gr gula kastor
60 gr tepung terigu protein rendah (misalnya merk Kunci Biru)
15 gr maizena
1/2 sdt baking powder
50 gr keju cheddar parut (aslinya 30 gr)
50 gr margarin, lelehkan
30 gr keju cheddar parut untuk taburan (aku gak pakai)

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan baking powder, sisihkan
- Kocok kuning telur, 30 gr gula kastor dan emulsifier hingga mengembang, kental dan pucat. Masukkan susu cair dan essens vanilla. Kocok hingga rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis hingga setengah mengembang. Masukkan 50 gr gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan SOFT PEAK
- Masukkan kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil dikocok perlahan sampai rata.
- Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
- Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik perlahan dan merata. Pastikan tidak ada endapan margarin yang belum tercampur dengan adonan.
- Tuang ke dalam loyang yang dialas kertas roti

- Panggang selama kurang lebih 30-35 menit hingga matang.

Bagiku yang masih pemula ini, memang pembuatannya agak tricky terutama dalam pengocokan putih telur dan saat mencampur dengan margarin leleh. Tapi kalau banyak praktek dan telaten pasti bisa juga kok.



Yang ini fotonya juga gak kalah jelek dan juga keliatan kalau potongannya seadanya banget xixixixix. Yang pasti keliatan kan teksturnya yang lembut itu. Selain bolhong keju dan coklat, pernah buat juga yang pandan. Nggak kalah enaknya lho, ntar ya kapan-kapan diposting resepnya juga.




close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==