TOM YAM GOONG


Request suamiku...Tom Yam Goong. Sebenarnya agak-agak kurang pede kalau bikin tom yam, takut rasanya kurang mantap, tapi karena permintaan suami ya tetap dilaksanakan ya ^_^. Pake jurus nekad, combine berbagai resep hasil googling dan dimodifikasi dengan bahan-bahan yang ada. So...jadi juga Tom Yam Goong ala aku. Jujur aja rasanya...not bad lah, asam dan pedasnya dapat, tapi tetap kerasa kurang nendang. Nah..kurang apa, aku juga belum tau hehehehehehe. Next time harus coba lagi sampai nemu resep yang benar-benar pas dengan seleraku dan tidak jauh beda dengan versi aslinya.

Tom Yam sendiri adalah sup khas Thailand yang bercitarasa asam dan pedas. Menurut Wikipedia, Tom Yam sendiri ada beberapa jenis yaitu Tom Yam Goong (terbuat dari udang), Tom Yam Gai (terbuat dari ayam), Tom Yam Pla (terbuat dari ikan) dan Tom Yam Talay (terbuat dari campuran seafood). Tom Yam saat ini sudah menjadi menu yang sangat populer di seluruh dunia dan tetap menjadi andalan kuliner Thailand. 

Tom Yam yang kubuat tadi memakai isian udang, cumi dan ayam, karena memang hanya bahan-bahan itu yang aku punya. Untuk kaldunya aku memakai kaldu udang, jadi gak salah ya kalau aku menyebutnya Tom Yam Goong, karena cita rasa udangnya lebih kuat. Seperti yang sudah kutulis tadi, resep berikut ini adalah kombinasi beberapa resep hasil googling yang kemudian disesuaikan dengan bahan-bahan yang aku punya. Untuk yang mau ikut mencoba....monggo ya...

TOM YAM GOONG

Bahan :
1 liter kaldu udang
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
5 lembar daun jeruk
2 jeruk nipis, ambil airnya (bisa ditambah atau dikurangi ya)
3 daun ketumbar iris halus
7 cabe rawit
garam, merica bubuk dan gula secukupnya
300 gr udang, kupas kulitnya, lepaskan bagian kepalanya, tapi jangan dibuang ya
200 gr cumi-cumi, bersihkan tinta dan kulitnya, potong-potong
200 gr fillet ayam, potong dadu
minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
5 cabe merah besar

Cara Membuat :
Cuci bersih kulit dan kepala udang, rebus dalam 1,5 liter sampai mendidih, saring dan ambil 1 liter air kaldu udang, sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, daun jeruk dan jahe. Aduk rata.
Masukkan udang, masak sebentar hingga berubah warna.
Tuang air kaldu udang, masukkan cumi dan fillet ayam.
Bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula. Masukkan cabe rawit.
Masak hingga mendidih dan bahan-bahan isian matang. Test rasa.
Sesaat sebelum diangkat, masukkan air jeruk nipis dan daun ketumbar. 
Angkat dan sajikan hangat.

Hmmm....lumayan lah, sebagai pengobat kangen akan Tom Yam yang biasa dinikmati di resto-resto. Buatan sendiri lebih puas menikmatinya dan juga lebih terjamin.
Selamat mencoba, semoga cocok ya. Happy Cooking ^_^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »