SATE DAGING AROMA LENGKUAS

Hari ini temanya memang lagi malas yah, entahlah mungkin memang lagi jenuh di dapur. Jadinya tadi pagi juga bingung mau masak apa untuk menu hari ini. Sempat pengen bikin tom yam, tapi bahan-bahannya gak lengkap. Sebelum berangkat sekolah, lagi-lagi Naira request sayur asem yang memang jadi favoritnya. Berarti tinggal cari lauknya aja ya. Kebetulan masih ada sedikit daging has, harusnya cocok dibuat empal sebagai lauk sayur asem, tapi kok ya empal lagi empal lagi. Cari-cari inspirasi akhirnya nemu resep sate daging aroma lengkuas di Sedap. Naaah...bisa dicoba niy, tapi cocok gak ya dengan sayur asem? Hihihihi...dibuat cocok aja ya...*maksa*


Untuk yang mau mencoba, berikut ini resepnya ya

SATE DAGING AROMA LENGKUAS
source : Sedap
modified by Nina

Bahan :
300 gr daging has, potong-potong 
75 gr lengkuas, parut
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 sdt ketumbar, tumbuk kasar
2 sdm kecap manis
1/2 sdm air asam jawa (dari 1/2sdm asam jawa yang diberi 2 sdm air)
200 ml santan
tusuk sate

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1/4 sdt jintan
1/4 sdt merica bubuk
1sdt garam
50 gr gula merah sisir

Cara Membuat :
Rebus santan, lengkuas parut, daun salam, serai, ketumbar dan bumbu halus sambul diaduk hingga mendidih dan harum.
Masukkan daging,aduk rata. Masak hingga matang, bumbu meresap dan santan menyusut.
Tambahkan air asam jawa dan kecap manis, aduk rata. Angkat dari api.
Tusuk-tusuk daging di tusuk sate.
Bakar sambil diolesi sisa bumbu sambil dibolak-balik hingga harum dan terlihat efek bakarnya.
Angkat dan siap disajikan bersama sisa bumbu.

Agar daging cepat empuk, sebelum dipotong-potong, aku pukul-pukul sedikit dengan memakai pemukul daging. Maklum ya anak-anak ikut makan, jadi harus benar-benar empuuuk.
Rasa satenya adalah perpaduan gurihnya santan, manisnya gula merah dan kecap serta terasa pula aroma asam jawanya. Unik deh. Alhamdulillah ternyata cocok dengan selera keluarga, karena anak-anakku juga mau. 


Menu hari ini sate daging aroma lengkuas, sayur asem, sambel (lupa gak kefoto ya ^_^) dan gak lupa krupuk puli. Alhamdulillah Ya Rabb...

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==