PUDING BLACKFOREST

Sebenarnya udah lama banget pengen bikin puding blackforest, tapi ternyata baru kesampaian kemarin. Niat banget bikinnya karena dibuat malam-malam agar siap dinikmati keesokan harinya. Dulu sudah pernah juga membuat puding blackforest dengan dekor seadanya, bisa dilihat disini ya namun kali ini ingin mencoba dengan resep yang berbeda. Dan inilah puding blackforest ala aku....


Puding BF ini terdiri dari 3 lapis puding, yaitu 2 lapis puding coklat dan puding busa coklat. Hmmm....kebayang kan nyoklatnya puding ini. Dekornya seadanya aja ya, sesuai dengan kemampuan dekorku yang masih pas-pasan, yaitu dengan menggunakan pagar coklat, stroberi, whicream, coklat serut dan dusting gula halus.

Resep puding BF aku modif dari  Ratih Rozana. Thanks 4 share ya say. Untuk yang pengen bikin juga, dilihat yuk resepnya.

PUDING BLACKFOREST
source : Ratih Rozana
modified by Nina

Bahan:
2 bungkus agar-agar plain
500 ml susu kental manis (aku pakai carnation)
1400 ml air
2-3 sdm gula pasir (tergantung selera)
sejumput garam
40 gr coklat bubuk
80 gr DCC, serut halus
1 butir telur, pisahkan bagian putih dan kuningnya
2 sdm pasta blackforest

Topping :
Pagar coklat
Strawberry segar
Whipcream kocok
Coklat serut
Gula halus untuk dusting

Cara Membuat Puding Coklat:
Campur agar-agar bubuk, air, SKM, gula dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
Ambil kurang lebih 500 ml adonan, sisihkan untuk membuat puding busa coklat.
Masukkan coklat bubuk dan DCC pada campuran agar-agar, masak hingga mendidih.
Ambil 1 sendok sayur adonan, campurkan dengan kuning telur yang sudah dikocok lepas, masukkan kembali ke dalam adonan. Aduk dengan cepat hingga rata dan biarkan mendidih kembali.
Masukkan 1 sdm pasta blackforest, aduk rata.
Tuang 1/2 bagian agar-agar coklat ke dalam loyang yang sudah dibasahi air, dinginkan hingga agak set.
Sementara sisa adonan direndam di dalam wadah yang sudah diisi air panas, agar tidak mengeras.

Cara Membuat Puding Busa Coklat:
Masak sisa campuran agar-agar yang telah disisihkan tadi hingga mendidih, masukkan 1 sdm pasta blackforest.
Biarkan sampai adonan agak hangat.
Kocok putih telur hingga kaku (cirinya apabila bowl dibalik, adonan tidak akan tumpah)
Masukkan sedikit demi sedikit campuran agar-agar yang telah hangat ke dalam kocokan putih telur. Kocok hingga tercampur rata.

Penyelesaian:
Apabila puding coklat lapisan pertama sudah agak set, tuang adonan puding busa.
Diamkan hingga 1/2 beku dan kemudian tuang sisa puding coklat.
Diamkan hingga set dan dinginkan dalam kulkas.
Setelah dingin dan set, keluarkan dari  loyang dan siap dihias sesuai selera.


Sayangnya lupa fotoin potongan pudingnya ya, tapi kebetulan ada sisa adonan dan aku cetak di cup...jadi keliatan deh lapisannya. Tetap dengan dekor seadanya, tanpa whipcream karena pas habis dan males banget mau ngocok lagi. Hadeeeh...pemalas bener ya, jangan ditiru ya :D


3 layer puding yang nyoklat banget. Kalau kebetulan tidak ada persediaan stok pasta blackforest di rumah, bisa memakai pasta coklat biasa ya. Hal ini akan menjadikan pudingnya lebih harum aroma coklatnya. 
Keesokan harinya, anak-anak dan suamiku kaget lho, dikiranya ada blacforest beneran di kulkas. Kapan Bunda bikin cake ya? hehehehehe....Dan setelah selesai foto-foto seadanya, langsung deh...nyobain puding-nya. Nyoklaat banget.

Selamat mencoba ya, silahkan dimodifikasi dan didekor sesuai selera. Cantik juga buat hantaran lho ^_^




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==