MIE AYAM BAKSO


Alhamdulillah...akhirnya bisa bikin mie ayam yang pas dengan selera keluargaku. Sebelumnya kalau bikin mie ayam, selalu aja merasa ada yang kurang. Terima kasih buat Mbakku yang baik hati dan tidak sombong Fifi Fitriyanto yang sudah sharing resepnya. Mantaaap deh mbak.

Mie ayam ini kubuat untuk menu sarapan pagi kemarin, kebetulan tanggal merah, jadi pagi-pagi pengen bikin sesuatu yang jadi favorit keluarga....mie ayam. Resepnya ternyata simple dan gampang, cepat juga waktu pembuatannya. Bisa disesuaikan dengan selera keluarga,misalnya dengan penambahan acar, pangsit isi atau bahkan ditambahkan seafood. Tambah enak deh. Sebenarnya akan lebih enak kalau mie-nya juga bikin sendiri, tapi aku belum punya alatnya, jadi....pakai mie kering aja deh. Kebetulan juga tidak ada stok mie keriting di rumah, tapi karena udah niat banget bikin mie ayam, jadi pakai mie yang ada aja yaaaa.

Berikut ini resep dari Tabloid Koki yang sudah disharing kembali oleh mbak Fifi dan kumodif sedikit agar sesuai selera keluarga.

MIE AYAM BAKSO

Bahan:
200 gr mie  kering
2 sdm minyak sayur
2 sdm kecap asin
1/4 sdt garam

200 gr daging ayam cincang
10 butir bakso sapi
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt saus tiram
3/4 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Bahan Kuah:
2 sdt minyak wijen
2 siung bawang putih,geprek, cincang halus
1 cm jahe, parut, beri sedikit air, peras dan ambil airnya.
1 sdt merica bubuk
750 ml air kaldu
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bahan Pelengkap:
sawi
kulit pangsit goreng
bawang goreng
daun bawang dan seledri iris tipis
acar (skip)

Cara Membuat:
Campur minyak sayur, kecap asin dan garam. Aduk rata dan sisihkan.
Rebus  mie kering hingga matang (jangan terlalu lama ya),angkat, tiriskan dan campurkan ke dalam campuran minyak selagi panas. Aduk rata dan sisihkan.
Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan saus tiram. Masukkan daging ayam cincang, bumbui dengan merica bubuk dan garam. Aduk-aduk hingga daging ayam berbulir dan matang. Angkat dan sisihkan.
Kuah : Panaskan minyak wijen,tumis bawang putih hingga harum, masukkan air jahe.
Tuangkan air kaldu,masukkan bakso, bumbui dengan merica, garam dan gula. Masak hingga mendidih.Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian :
Celupkan sawi  ke dalam kuah yang baru mendidih hingga setengah layu, angkat dan potong-potong.
Letakkan mie di mangkok saji, beri tumisan daging, bakso, pangsit goreng dan sawi. Taburi dengan bawang goreng.
Taburi kuah dengan dengan daun bawang dan seledri, siap disajikan bersama mie ayam.

Rasanya paaas dengan selera keluargaku. Mohon maaf  fotonya burem banget ya, gak sempat cari-cari tempat yang terang, karena mie ayam-nya sudah banyak yang ngantri heheheheh. Karena fotonya juga kilat,jadi lupa tuh gak diberi taburan bawang goreng dan daun bawang. 
Walau hasil fotonya berantakan,smoga tetap bisa menggugah selera untuk mencoba resep mie ayam bakso ini. Trust me..recomended to try. Happy Cooking ya ^_^


Tuh kan lupa ditaburi bawang goreng dan daun bawang, mau foto-foto lagi, mie-nya udah habis tak tersisa :D

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==