LUMPIA BAKAR


Tentunya kita sudah cukup familiar dengan lumpia atau bahkan menjadi salah satu penggemar lumpia ya. Menurut Wikipedia, Lumpia sendiri konon merupakan salah satu makanan tradisional Tionghoa. Lumpia  terdiri dari lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum yang dijadikan kulit pembungkus isian yang biasanya terdiri dari rebung, sayuran segar, telur, daging atau seafood. 

Di Indonesia, lumpia yang terkenal berasal dari Semarang. Siapapun yang berkunjung ke Semarang, kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi kelezatan lumpia. Tidak heran bila di Semarang kita dapat dengan mudah menjumpai penjual lumpia di sepanjang jalan. Duuuh...jadi kangen Semarang deh.


Kalau biasanya kita menikmati lumpia yang pengolahannya dengan cara digoreng atau bahkan dalam bentuk lumpia basah, kali ini aku coba membuat lumpia yang dibakar. Sempat was-was juga, apa nanti kulit lumpianya bisa crispy atau tidak. Akirnya setelah dicoba....ternyata tetap kriuk kulitnya, aroma dan cita rasanya tentu saja juga berbeda dengan yang digoreng. Isiannya bisa sesuai selera ya. Kebetulan masih ada persediaan udang, jadi aku buat sebagai isian lumpia bakarku. Seperti biasa....bentuknya kurang rapi ya hihihihihi....harap maklum pemula.


LUMPIA BAKAR

(isian udang dan wortel)



Bahan :

10 lembar kulit lumpia siap pakai
200 gr udang kupas, potong-potong kecil
1 buah wortel ukuran besar, iris tipis memanjang
1/2 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap asin
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng
1 batang daun bawang,potong-potong


Cara Membuat :
Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
Masukkan udang, aduk rata hingga berubah warna. Masukkan wortel, aduk rata dan masak hingga agak layu.
Masukkan saus tiram, kecap asin, garam dan merica bubuk. Aduk rata.
Tambahkan daun bawang, aduk rata sebentar hingga layu. Angkat.


Penyelesaian :
Ambil 1 lembar kulit lumpia, letakkan 1-2 sdm isian tumisan.
Lipat menyerupai amplop, kemudian gulung dan rekatkan dengan memakai terigu yang diberi sedikit air (bisa juga memakai putih telur). Lakukan hingga habis.
Bakar lumpia sambil sesekali dioles dengan minyak hingga kecoklatan.
Angkat dan siap disajikan hangat


Kriuuk juga kulitnya. Dinikmati bersama saus sambal favorit...nikmat sekali. Cobain bikin yuk, disesuaikan dengan selera keluarga ya. Selamat mencoba.



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==