KRENGSENGAN ATI AMPELA


Kalau lagi bosan dengan olahan ayam, daging atau ikan, mungkin olahan dari ati ampela bisa menjadi alternatif pilihan. Just for sharing, sebenarnya ati atau hati sering disebut sebagai sumber penyakit karena kandungan kolesterol-nya yang tinggi. Namun ternyata hati baik yang berasal dari ayam atau sapi memiliki manfaat bagi tubuh kita. Hati mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Manfaat hati bagi tubuh antara lain adalah dapat mencegah atau mengatasi anemia, kandungan asam folat dan zat besi-nya baik untuk ibu hamil dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena hati mengandung Zinc dan vitamin A. Selain itu kandungan vitamin B dan B12 dapat berguna untuk kesehatan otak.

Karena banyak manfaatnya bagi tubuh, maka tidak ada salahnya kita mengkonsumsi hati ayam atau sapi asalkan jangan terlalu berlebihan, terutama bagi penderita asam urat dan kolesterol. Kita juga harus mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang berserat misalnya sayur dan buah. Karena hati mudah dibandingkan bahan makanan hewani lainnya, maka pastikan kita memilih hati dalam kondisi segar dan segera mengolahnya.

Salah satu olahan hati adalah dengan diolah menjadi krengsengan. Sebenarnya pengen memakai hati sapi, tapi karena yang ada hanya hati ayam, it's oke ya. Kalau hati ayam, tentunya selalu dibarengi dengan ampela-nya. 


Krengsengan sendiri adalah salah satu jenis masakan yang banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Biasanya krengsengan terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu kecil-kecil. Pada umumnya krengsengan berwarna coklat tua dengan kuah yang tidak terlalu banyak. Dalam perkembangannya saat ini, krengsengan tidak hanya diolah dengan bahan daging kambing saja, tapi bisa juga memakai ayam, jerohan, iga ataupun daging.

Pada umumnya bumbu krengsengan dibuat dengan cara dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian di tumis. Namun ada juga yang hanya memakai bawang putih yang digeprek dan sambal yang sudah jadi, kemudian menjadi krengsengan. Seperti yang ada di kotaku, ada penjual krengsengan yang ramai sekali. Selain krengsengan juga menyajikan nasi goreng dan mie goreng. Ternyata untuk mengolah krengsengan ayam, hanya dengan memakai bumbu dasar bawang putih saja, tidak lupa kecap sebagai ciri khas krengsengan. Dan ternyata rasanya enak sekali. Kali ini aku tetap membuat krengsengan dengan bumbu yang dihaluskan terlebih dahulu. Berikut ini resepnya ya

KRENGSENGAN ATI AMPELA

Bahan :
350 gr ati ampela, rebus hingga matang dan empuk, potong-potong
1 batang serai, geprek
1 buah tomat, potong-potong
2 sdm kecap manis
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
100 ml air
kol secukupnya, iris kasar (optional)
minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 cabe merah besar
4 cabe rawit
2 cm jahe
2 butir kemiri sangrai
1/2sdt merica
1 sdm petis udang

Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
Masukkan ati ampela, aduk hingga rata.
Tuang air sedikit demi sedikit, kecap manis, garam dan gula. Masukkan tomat dan test rasa hingga rasanya pas sesuai selera.
Aduk rata, masak hingga matang dan air menyusut.
Angka, taburi dengan bawang goreng dan siap disajikan.

Nikmaat sekali. Suka banget dengan bumbu krengsengan ini. Dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk, pas banget. 


Selamat mencoba, semoga cocok dengan selera keluarga.
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==