DEVIL'S FOOD CAKE


Devil's Food Cake ini request dari sepupuku yang kebetulan sedang pulang ke Kediri. Kemarin dia kirim message dan minta dibuatkan cake coklat. Ngomongin cake coklat langsung deh ingat akan DFC. Kebetulan sekali ya, karena aku lagi pengen bikin DFC ini. Dulu banget udah pernah bikin DFC dan kebetulan keluarga juga suka.
DFC merupakan salah 1 jenis dari buttercake, yaitu dalam pembuatannya butter dan gula dikocok terlebih dahulu hingga lembut baru memasukkan bahan-bahan lainnya. DFC ini cocok sekali untuk choco lovers karena taste coklatnya yang memang cukup intens. Bayangkan saja cake coklat dengan filling dan cover chocolate ganache....hmmmm...nyoklat banget deh.

Resep DFC yang kupakai adalah resep yang kulihat dari Ordinary Kitchen, yang diadaptasi dari Martha Stewart. Menurut Teh Ricke, DFC ini sebenarnya mudah asal kita benar-benar mematuhi resepnya. Untuk yang mau mencoba, please check the recipe ya. Ukuran 1 resep bisa dipakai untuk 3 layer cake bulat dengan diameter 22-24 cm. Aku membuat 2 buah cake diameter 16 cm.

DEVIL'S FOOD CAKE
source : Ricke Indriani adapted from Martha Stewart

Bahan :
339 gr unsalted butter suhu ruang (aku memakai butter salted)
60 gr coklat bubuk
120 ml air mendidih
300 gr gula kastor (resep asli Martha Stewart 450 gr)
1 sdt essence vanilla
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas
360 gr cake flour (tepung terigu protein rendah)
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam (skip, karena pakai butter salted)
240 ml susu cair

Filling :
Chocolate ganache
Strawberry palleta
Simple syrup

Cara Membuat :
Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku memakai 2 loyang bulat diameter 16 cm). Olesi dengan mentega, alasi dengan kertas roti dan oles mentega kembali. Taburi seluruh permukaan loyang dengan coklat bubuk, sisihkan.
Ayak coklat bubuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta, sisihkan dan biarkan dingin.
Dalam wadah lain, campur dan ayak tepung terigu, soda kue dan garam, sisihkan.
Kocok butter dengan mixer speed rendah hingga lembut. Masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga lembut dan pucat (kurleb selama 5 menit).
Tambahkan essence vanilla, kocok rata. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata di setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer.
Campurkan susu cair ke dalam adonan pasta coklat, aduk hingga larut dan tercampur rata.
Dengan mixer speed rendah,masukkan campuran terigu secara bertahap, berselang-seling dengan campuran susu dan coklat. Awali dan akhiri dengan campuran terigu.
Matikan mixer, aduk rata dengan spatula.
Tuang adonan ke dalam loyang dan oven hingga matang selama kurang lebih 45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan test tusuk dan test sentuh.
Apabila sudah matang, keluarkan dari oven, biarkan hangat selama kurang lebih 15 menit baru kemudian dikeluarkan dari loyang dan didinginkan di cooling rack.

Untuk Filling aku memakai chocolate ganache, simple syrup dan strawbery palleta. Bisa disesuaikan dengan selera ya. Bisa juga hanya memakai buttercream coklat, tapi taste-nya tentu saja akan berbeda. Cake dicover full ganache dengan garnish strawberry dan coklat serut. Karena memakai loyang diameter 16 cm, tinggi 6 cm, maka cake yang dihasilkan akan cukup tinggi. Aku hanya membuat 2 layer saja, akan lebih cantik kalau dijadikan 3 layer.

Untuk chocolate ganache, berikut ini resep yang aku pakai

CHOCOLATE GANACHE
Bahan :
500 gr Dark Cooking Chocolate (DCC), cincang
200 gr whipcream bubuk
400 ml air

Cara Membuat :
Campur whipcream bubuk dan air, aduk rata dan panaskan.
Masukkan DCC cincang, hingga seluruhnya larut dan tercampur rata.
Angkat dan dinginkan. Masukkan dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas semalaman.
Sewaktu akan dipakai, kerok-kerok dengan garpu atau sendok dan dikocok sebentar hingga lembut.
Siap digunakan.

SIMPLE SYRUP
Bahan:
50 gr gula pasir
50 ml air
1/2 sdt vanilla essece

Cara Membuat :
Didihkan air dan gula pasir hingga gula larut. Tambahkan essence vanilla
Siap digunakan

Penyelesaian DFC
Belah cake menjadi 2 bagian (bisa juga 3 bagian).
Ambil salah 1 bagian cake, basahi dengan simple syrup, oles dengan strawberry palleta dan ganache.
Tumpuk dengan bagian cake yang lain. Cover seluruh permukaan cake dengan chocolate ganache.
Siap dihias sesuai selera


Dekor ala adanya ala aku ya, dengan pagar coklat, garnish coklat serut dan strawberry segar sebagai pemanis. Strawberry yang asam, manis dan segar cocok sekali dipadukan dengan rasa coklat yang cukup intens.

DFC...siap untuk dijemput ^_^

Karena memang niat membuat 2 buah DFC, yang 1 untuk dinikmati sendiri bersama keluarga. Alhamdulillah katanya enak, nyoklat banget. Untuk dekornya, karena lagi malas aku tidak memakai pagar coklat, cukup dengan ganache. Garnish-nya memakai jeruk mandarin kaleng dan sedikit strawberry.  Ini dia penampakannya....


Dekornya nggak banget deh ya, asal tempel aja hihihihi. Untuk choco lovers, DFC ini recomended banget untuk dicobain ya. Beneran deh, nyoklaaat banget. 


Sstt...kalau mau tau penampilan DFC pertamaku bisa dilihat di foto berikut ya 


Dekor super minimalis ya, tanpa spuit sama sekali. Masih ingat aja tragedi DFC ku yang pertama, padahal sudah setahun lebih lho. Waktu itu karena kurang hati-hati, sewaktu selesai membelah, ternyata salah 1 bagian cake jatuh di tempat yang kebetulan ada tumpahan air minum.Whuaaa....panik dan pengen nangis rasanya. Tapi sayang kan kalo kebuang, lagian jatuhnya tetap di meja dapur bukannya di lantai. Jadi tetap aja cake dimakan. Fillingnya tetap memakai ganache dan dicover ganache siram, garnishnya cukup strawberry segar dan sedikit coklat serut. Simple banget kan, secara dulu males banget latihan dekor pake spuit. 
Dari awal itulah, sudah suka banget ama DFC ^_^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==