CLASSIC CHEESE CAKE

Mencoba mengumpulkan kembali semangat untuk baking setelah dilanda baking blue selama beberapa hari. Sebenarnya banyak resep yang pengen dicoba, mulai dari bikin Red Velvet atau DFC. Karena belakangan ini sering bikin yang coklat-coklat, maka kali ini coba bikin yang ngeju aja yuk. Dan ini dia hasilnya..


Akirnya aku memutuskan untuk membuat cheese cake, tapi gak pengen bikin yang versi au bain marie, jadi pilihan dijatuhkan pada classic cheese cake. Biasanya kalau bikin classic cheese cake, aku memakai resep NCC. Kali ini ingin mencoba resep classic cheese cake ala Ricke Indriani, tentunya dimodif agar lebih sesuai dengan selera keluarga. Keju cheddar dalam adonan aku tambah, jadi lebih terasa ngeju karena.
Untuk yang mau membuat classic cheese cake, berikut ini resepnya ya...

CLASSIC CHEESE CAKE
source : Ricke Indriani
modified by Nina

Bahan :
8 butir telur antero, suhu ruang
120 gr gula kastor
1 sdm emulsifier
1 sdt essens vanilla susu (pakai L'arome)
180 gr tepung terigu all purpouse
25 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk
1 sdt baking powder
120 gr mentega, lelehkan dan dinginkan
80 gr keju cheddar parut halus

Filling dan Polesan :
Simple syrup dan buttercream

Garnish dan Taburan :
Keju cheddar parut

Cara Membuat :
Siapkan loyang (aku memakai loyang bulat diameter 20 cm tinggi 7 cm), oles seluruh permukaannya dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
Campur dan ayak tepung terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder, sisihkan.
Kocok telur, gula kastor dan emulsifier hingga mengembang, kental dan berjambul petruk.
Masukkan essens vanilla susu, kocok rata kembali.
Turunkan speed mixer, masukkan terigu sedikit demi sedikit. Kocok hingga tercampur rata.
Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata dan homogen.
Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
Tuang ke dalam loyang, oven 180'C hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Penyelesaian :
Setelah dingin, belah cake menjadi 2 bagian. Ambil selembar cake, basahi permukaannya dengan simple syrup, poles dengan buttercream.
Letakkan bagian cake yang lain dan poles seluruh permukaannya dengan buttercream
Beri taburan keju parut dan hias sesuai selera.

Untuk filling dan polesannya aku memakai buttercream ala ITaRa yang enak dan lembut. Resepnya dulu sudah pernah aku tulis disini.

Untuk simple syrup-nya berikut ini cara membuatnya :
50 gr gula pasir dipanaskan bersama 150 ml air hingga gula larut (jangan diaduk ya). Angkat dan biarkan hangat dan masukkan essens vanilla bila suka.


Ternyata memberi taburan keju di seluruh permukaan cake tidak mudah bagiku. Terlihat berantakan deh. Karena hanya mempunyai red cherry kering di kulkas, jadinya dipakai aja deh untuk mempercantik cake-nya.
Maklum aja ya, soalnya yang bikin kan belum pinter dalam hal dekor mendekor, jadinya ya begini deh ^_^


Dalam pembuatannya, pastikan kocokan telur benar-benar mengembang, kental dan membentuk jambul petruk ya. Untuk lebih jelasnya bisa klik disini. Agar cake tidak bantat, pastikan dalam proses aduk balik, mentega cair benar-benar tercampur rata dengan adonannya. Masih adanya endapan mentega cair yang belum tercampur rata dengan adonan merupakan salah satu faktor penyebab cake menjadi bantat. Faktor lainnya bisa disebabkan oleh kocokan telur yang belum sempurna. Untuk teknik aduk balik silahkan dibaca disini ya.


Ternyata tekstur cake-nya juga lembuuut banget. Rasanya juga cukup ngeju, ya iyalah namanya juga cheese cake ya hihihihi. Next time pengen bikin lagi dengan filling krim keju seperti yang pernah Ricke buat. Pastinya lebih enak dan ngeju.

Karena aku pakai loyang diameter 20 cm, jadi ada sedikit sisa adonan yang kutuang di cupcase. Jadinya cuma 2 buah cupcake, niatnya sih mau belajar bikin cupcake ala es krim yang cantik. Ternyata yang 1 udah keburu dimakan ama suamiku hahahaha...ya udah lah cukup 1 cupcake aja belajar dekornya. Susah juga bikin cupcake ala es krim, kok jadinya gak mirip ya heheheheh. Sekali lagi harap maklum yaaaa....belajaran nih.


Coba-coba pakai buttercream 2 warna  ^_^.  Cupcake-nya tentu saja aku kasih ke anakku...she like it.
Back to the classic cheese cake...recomended to try ya. Beneran deh, enaak banget. Selamat mencoba.
Happy Cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Sunday, 12 March 2017 at 18:52:00 GMT+7 delete

Hi sis aku mau tanya kalo ini cheescakenya tingginya brp ya sebelum d belah 2.. thank you

Reply
avatar