AYAM BESENGEK


Haiii....kali ini mau sharing menu hari ini ya. Mungkin bisa menjadi inspirasi untuk menu esok hari heheheheheh. Ayam besengek sekilas mirip dengan ayam bumbu merah biasa ya, sama-sama diungkep memakai santan,sama-sama kaya akan bumbu dan tentunya sama-sama dibakar. Salah satu yang membedakan adalah ayam besengek tidak memakai tomat dalam bumbunya.
Konon ayam besengek ini adalah salah satu menu favorit para bangsawan di Jawa Tengah pada jaman dahulu. Masa iya sih, jadi penasaran juga pengen nyoba bikin sendiri.

Resep ayam besengek yang kupakai adalah modifikasi dari resep yang ada di Tabloid Saji. Ada beberapa tambahan bumbu yang kupakai, diantaranya kemiri dan kencur. Kali ini aku membuat versi yang tidak pedas, jadi hanya memakai cabe merah saja.Untuk yang suka pedas tentu saja bisa memakai cabe rawit atau cabe keriting dalam bumbunya. Berikut ini resepnya ya

AYAM BESENGEK
source : Saji
modified by Nina

Bahan :
750 gr ayam, potong-potong (aslinya dibelah sampai tidak terputus)
750 ml santan
2 batang serai, memarkan
5 helai daun jeruk
2 sdt air asam jawa
minyak untuk menumis
daun pisang untuk alas membakar

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 cabe merah
3 butir kemiri, sangrai
2 cm kencur
2 cm kunyit, bakar
1/2 sdt jintan
1 sdt ketumbar
2 sdt garam
gula merah secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan  minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai dan daun jeruk, aduk-aduk dan masak hingga bumbu matang.
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
Masukkan air asam jawa, aduk rata.
Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
Setelah mendidih, test rasa dan tambahkan garam dan gula secukupnya hingga rasanya pas. Masak sampai bumbu meresap dan santan mengental.
Angkat dan sisihkan.
Alasi pemanggang dengan daun pisang, panggang ayam hingga kecoklatan sambil sesekali dioles bumbu.
Angkat dan siap dihidangkan.


Yihaaa....anak-anak doyan banget, lahap makannya. Alhamdulillah. Kalau dibuat yang versi pedas pastinya lebih mantap lagi deh. Selamat mencoba ya
Happy Cooking ^_^

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==