OPERA CAKE EKONOMIS


Taraaaa.....inilah cake yang kuimpikan selama ini *halah bosone*. Selalu suka dengan opera cake, tapi sayangnya belum berani bikin the real opera cake. Selain karena harga bahan bakunya yang lumayan, juga karena takut gagal. Selama ini menikmati opera cake dalam bentuk petit four, kalau memang sedang ada kesempatan menginap di hotel. Kira-kira 2 tahun yang lalu, pernah juga merasakan opera cake made in Pawonomah, nah..baru deh bisa puas makannya.

The real opera cake sendiri adalah layer cake yang biasanya terdiri dari jaconde (cake dengan almond bubuk), ganache, buttercream dan tentunya sirup kopi. Bagi yang kurang suka jaconde, bisa diganti dengan spongecake. Kebetulan beberapa hari yang lalu mbak Yunita posting tentang opera cake ekonomis....wuiiih, langsung deh pengen bikin. Opera cake ekonomis mbak Yunita bisa diklik disini ya. Opera cake ekonomis-nya kebayang terus, sampai-sampai kutelpon mbak Yunita buat minta pertanggung jawabannya hahahahah. Akhirnya, setelah selesai weekend, bener-bener niat untuk bikin dan seperti inilah hasilnya. Berantakan banget ya xixixixi.

Biar kata penampilannya berantakan, tapi jangan tanya rasanya.....enaaaak banget deh. Apalagi kalau dinikmati dingin-dingin setelah keluar dari kulkas. Yummy sekali. Opera Cake Ekonomis versiku menggunakan 3 layer spongecake vanilla, filling coklat tulip, ganache dan kopi manis sebagai simple sirup-nya. Sayangnya spongecake yang kubuat terlalu tebal ya, jadinya jelek deh hasilnya. Filling coklat dan ganache-nya juga belum bisa rapi. Dan entah kenapa ganache siram yang kupakai juga susah banget mulusnya, padahal aku terbiasa memakai ganache siram untuk cover cake. Dimana ya letak kesalahanku??

Berikut ini adalah resep Opera Cake Ekonomis yang kuintip dari Pawonomah dengan sedikit modifikasi dariku. Aku memakai 1/2 resep yang cukup untuk digunakan pada 1 loyang 30x40. Here the recipe ya

OPERA CAKE EKONOMIS
source : Pawonomah
modified by Nina

Bahan Spongecake :
6 butir telur antero
100 gr gula pasir
15 gr emulsifier
100 gr tepung terigu protein rendah
30 gr maizena
30 gr susu bubuk
1/2 sdt vanilla bubuk
150 gr margarin, lelehkan

Cara Membuat Spongecake:
Siapkan loyang (aku memakai loyang 30x40cm), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali, sisihkan.
Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental dan membentuk jambul petruk.
Masukkan tepung terigu, maizena dan susuk bubuk. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
Masukkan margarin leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
Oven dengan suhu 160'C selama kurang lebih 15 menit hingga matang (jangan kelamaan di oven karena cake-nya tipis).
Angkat cake dari oven, keluarkan dari loyang dan siap digunakan

Bahan Ganache:
100 gr whipped cream bubuk
200 ml air
250 gr DCC cincang

Cara Membuat:
Campurkan whipped cream dengan air, aduk-aduk hingga rata.
Lelehkan hingga hangat, masukkan DCC cincang hingga meleleh seluruhnya dan tercampur rata.
Masukkan dalam wadah tertutup, letakkan di kulkas semalaman.
Sebelum digunakan, kerok-kerok dengan garpu/sendok dan kocok kembali hingga lembut.
Untuk membuat ganache siram, sisa ganache dipanaskan kembali hingga mencair dan siap disiramkan pada permukaan cake.

Bahan Pelengkap Lainnya:
Filling coklat tulip
Kopi manis hangat untuk simple sirupnya.

Penyelesaian:
Bagi cake menjadi 3 bagian yang sama lebarnya. Ambil selembar cake, basahi dengan kopi manis hangat, oles dengan ganache secukupnya.
Letakkan 1 lembar cake lainnya diatasnya, basahi dengan kopi manis hangat dan oles denga filling coklat.
Terakhir letakkan 1 lembar cake terakhir, basahi dengan kopi manis hangat, oles filling coklat kembali dan siram dengan ganache siram.
Biarkan hingga ganache set, potong-potong sesuai selera.

Tuh...berantakan banget ya layernya hahahah...ini yang bikin penasaran untuk bikin lagi. Selain karena memang rasanya yang TOP, juga pengen bisa bikin layer yang lebih cantik. Next time pengen bikin yang ala pawonomah, jadi menggunakan buttercream siap pakai + essens kopi sebagai fillingnya. Ganache hanya digunakan untuk mencover bagian atas cake. 

Slice opera cake sengaja kubuat agak besar, tidak mungil-mungil ala petit four karena memang untuk dinikmati sendiri. Biar lebih puas deh. Yang pasti nyoklat banget, tapi gak bikin eneg, kan pakai ganache ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==