TAPE GORENG


Ini adalah cemilan keluargaku sore tadi dan merupakan gorengan favorit suamiku. Masih punya stok tape singkong di kulkas, maksud hati ingin dibuat proll tape ala Mbak R, soalnya dulu bikin langsung abis tanpa ada dokumentasinya. Tapi rasanya badan udah mau drop aja, karena seharian bolak-balik keujanan. Daripada gak ada cemilan sama sekali, akhirnya dibikin tape goreng aja deh. Cepat, anti gagal dan pastinya disukai keluarga juga.

Resepnya asal cemplung aja nih, pake jurus kira-kira. Kali ini aku menambahkan ragi instan di dalam adonannya, karena dulu ada yang kasih tau kalau bisa membuat tape goreng kulitnya jadi menggelembung. Coba aja deh, kebetulan masih punya sisa ragi instan dan ternyata bener lho..kulit tapenya jadi gendut-gendut heheehe. Soal rasa gak ada perubahan ya, tergantung dari tape singkong yang kita gunakan.

TAPE GORENG

Bahan:
250 gr tape singkong, buang seratnya
10 sdm tepung terigu
2 sdm gula pasir
1 sdm ragi instan (optional)
sejumput garam
air hangat secukupnya (dikira-kira aja ya, sampai adonan dirasa cukup pas)

Cara Membuat:
Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga dirasa cukup pas kekentalannya.
Diamkan sejenak, kemudian tambahkan garam.
Masukkan tape singkong hingga tertutup adonan.
Panaskan minyak dan goreng hingga kecoklatan.
Angkat, tiriskan dan siap disajikan.

Kebetulan sekali tadi tape singkongnya cukup manis, jadi terasa enak deh. Takaran gulanya bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera ya. Bisa ditambahkan kalau tape singkongnya kurang manis. Hmmm...sore hari yang hujan dengan ditemani tape singkong hangat...pas banget ^_^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==