STEAK TEMPE + AYAM

I love tempe very much. Selain rasanya yang enak, tempe mudah dikreasikan menjadi berbagai macam hidangan. Tempe yang terbuat dari kedelai fermentasi diketahui kaya akan serat, kalsium, vitamin B dan zat besi. Menurut oom Wikipedia, berbagai macam kandungan zat-zat dalam tempe dipercaya mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan untuk mencegah penyakit degeneratif. Tempe sendiri terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan menggunakan berbagai jenis kapang Rhizopus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai ragi tempe.

Tempe yang merupakan makanan khas Indonesia, sekarang telah mendunia. Tempe banyak dimanfaatkan sebagai pangganti daging bagi kaum vegetarian. Tidak heran jika tempe bisa dijumpai di berbagai negara seperti Jepang, Amerika Serikat dan Jepang.

Kalau aku paling suka dengan tempe goreng tepung buatan Mamaku. Rasanya gurih dan renyah, karena memakai tepung beras dan tepung terigu dalam adonan kulitnya. Gak ada bosennya deh makan tempe goreng tepung. Beberapa hari yang lalu, my best friend Dessy Melvinasari bikin steak tempe. Hmmm...jadi pengen juga deh bikin steak tempe. Dessy thanks inspirasinya yaaa. Kali ini aku bikin steak tempe + ayam ala dan blackpepper sauce ala aku ya. 


Aku bikinnya memang tidak full dari tempe, tapi kutambahkan daging ayam giling. Tetap kerasa tempenya karena pemakaian tempe yang lebih banyak. Berikut ini resep steak ayam + tempe ala dapurku ya

STEAK AYAM + TEMPE

Bahan: 
150 gr tempe, haluskan
75 gr daging ayam giling
4 siung bawang putih haluskan
1 sdt garam
1/2 sdt lada putih
1/2 sdt gula pasir
1 butir telur
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
Campurkan tempe yang telah dihaluskan dengan daging ayam giling, garam, lada dan gula. Uleni hingga rata.
Masukkan telur, aduk rata kembali.
Bentuk pipih menyerupai steak, lalu diamkan di kulkas agar bumbu meresap.
Campur bahan pelapis hingga rata, masukkan steak ke dalam bumbu pelapis hingga permukaannya rata tertutup pelapis. Tekan-tekan perlahan agar tepung menempel sempurna.
Panaskan minyak, goreng hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Versiku sebelum dihidangkan dengan saus, bakar sebentar untuk menimbulkan efek bakar khas steak. Sesuai selera aja yaaa

Steak bisa disiram dengan saus sesuai selera. Kali ini aku membuat saus lada hitam atau blackpepper sauce. Berikut ini resepnya ya

BLACKPEPPER SAUCE

Bahan:
1/2 bawang bombay iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
400 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tomat / saus cabe
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt lada hitam
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
margarin untuk menumis

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
Tuang air kaldu, aduk-aduk. Masukkan kecap manis, kecap inggris, saus tomat, kecap asin, garam, gula dan lada hitam. Test rasa hingga rasanya pas. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Didihkan kembali.
Angkat dan panas-panas, siramkan di atas steak 
Siap dihidangkan

Rasanya enak juga lho, tetap kerasa aroma tempenya dan nikmat karena ada campuran daging ayamnya. Untuk pelengkapnya bisa disesuaikan dengan selera keluarga ya. Kebetulan keluargaku kurang suka buncis, jadi ku skip pemakaian buncis. Pelengkapnya hanya memakai wortel, jagung manis dan kentang goreng. Bagi yang suka bisa menambahkan mayonaise atau mustard di atas bahan pelengkap tersebut. 


Yuks coba bikin homemade steak. Bahannya bisa disesuaikan aja dengan yang ada di rumah ya. Happy cooking
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==