SIMPLE CUPCAKES

Alhamdulillah kesampaian juga bikin cupcake yang dihias dengan buttercream. Kebetulan masih ada sisa buttercream, jadi diniatin bikin cupcakenya. Masih berantakan, masih belum rapi, tangan juga belum luwes pegang spuit dan harus terus berlatih dan belajar. Dan inilah hasil dari latihanku kemarin...


Cupcake-nya diberi swirl buttercream dan dihiasi dengan sedikit fondant. Karena malas, jadi fondant-nya polosan aja ya, warna putih hihihihi. Tuh kan masih belum mulus bener buttercream-nya, masih kaku tanganku ini dan harus diajak lebih sering pegang spuit. Yang pasti, walau hasilnya masih belum bagus, tetap semangat donk untuk terus latihan.

Resep cupcake-nya sendiri, aku pakai yang benar-benar simple, yaitu buttercake 2 telur. Walau resepnya simple, tapi rasanya enak lho, apalagi aku bikin yang rasa coklat. Aku dapat resepnya dari mbak Dida, tapi aku ganti rasa coklat dan dimodifikasi sesuai dengan bahan-bahan yang ada. Here's the recipe ya

SIMPLE CUPCAKE

Bahan:
175 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk
2 butir telur
125 gr gula kastor
120 gr margarin
150 ml susu
1 sdt baking powder
1  sdt vanilla
1 sdm pasta coklat (aku pakai pasta BF)

Cara Membuat:
Kocok margarin dan gula hingga lembut dan tercampur rata (memakai speed rendah), tidak perlu sampai mengembang.
Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
Ayak terigu, baking powder dan coklat bubuk lalu masukkan ke dalam adonan secara bergantian dengan susu cair, diawali dan diakhiri oleh terigu, sambil terus dikocok.
Tambahkan vanilla, kocok kembali hingga lembut, jangan sampai overmix.
Matikan mixer, masukkan pasta coklat, aduk balik hingga rata.
Tuang ke dalam cup hingga hampir penuh, oven dengan suhu 180'C. Setelah adonan membumbung, kecilkan api hingga benar-benar kecil agar cupcake tidak merekah. Oven hingga matang.
Angkat dan dinginkan, siap untuk dihias.

Untuk buttercream-nya, aku memakai buttercream ala ITaRa yang sudah terbukti enaknya. Resepnya sudah pernah kuposting disini ya. Buttercream-nya enak, tidak eneg dan tentunya lembut banget.



Selain dengan motif swirl, aku mencoba untuk membuat rose yang dilengkapi dengan rumput dan hasilnya....hahahaha...gak kalah berantakannya. Rumputnya ada yang tidur ada yang berdiri, ternyata gak mudah lho untuk bikin spuit rumput. Demikian juga dengan rose-nya, masih jelek banget ya. It's oke..memang harus banyak-banyak latihan. Moga-moga next time better ya.


Cupcake-nya aku bagi ke teman-temanku dan mereka bilang enak lho. Alhamdulillah senangnya...^_^


close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==