SATE AYAM ASAM PEDAS


Sate adalah salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Banyak sekali ragam sate yang ada di Indonesia, mulai dari sate Madura, sate Ponorogo, sate Padang atau juga sate lilit. Seperti yang telah kita ketahui, sate adalah bahan makanan yang ditusuk dengan tusuk sate, dibumbui kemudian dibakar. Dengan demikian, bumbu perendam dan saus sate sangat berperan dalam cita rasa sate yang dihasilkan.

Beberapa hari yang lalu saat sedang jalan berdua kakak Naira, kami melewati tukang sate. Hmmm...aroma sate tentu saja menyebar kemana-mana, sampai akhirnya Naira bilang minta dibuatin sate. Oke lah...apa sih yang nggak buat anak, apalagi kalau itu menyangkut hal-hal yang baik buatnya. Sebenarnya kalau mau praktis, ya tinggal beli aja di tukang sate, tapi request Naira tadi membuatku semangat untuk bikin sate sendiri. 

Akhirnya pagi tadi, aku siap mengolah sate. Untuk anak-anak, kubuatkan sate ayam bumbu kacang yang tidak pedas. Belum seenak buatan tukang sate Madura atau Ponorogo, tapi menurut Naira...enaaak deh Nda, makasih ya. Alhamdulillah...senangnya.
Untuk aku dan suamiku, khusus kubuat sate dengan bumbu yang pedas, yaitu sate ayam asam pedas. Resepnya aku modif dari Majalah Sedap. Untuk yang mau tau resepnya, kutuliskan disini ya. Yang pasti resepnya so simple ^_^

SATE AYAM ASAM PEDAS

Bahan:
500 gr daging ayam (bisa juga dicampur kulit bila suka)
5 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
3 sdm kecap manis
tusuk sate secukupnya

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih goreng
3 cabai merah goreng 
4 cabe rawit goreng
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Potong-potong ayam, tusukkan pada tusuk sate. Lakukan hingga semua habis, sisihkan.
Aduk rata saus tomat, saus cabai, kecap manis dan bumbu halus. Bagi menjadi 2 bagian.
Masukkan sate ayam ke dalam salah satu bagian bumbu, poles-poles hingga rata tertutup bumbu dan diamkan sejenak agar bumbu meresap.
Bakar sambil dioles sisa bumbu hingga matang dan harum. Angkat
Sajikan hangat bersama bumbu yang telah disisihkan.

Gampang kan cara membuatnya. Hmmmm....enak lho rasanya. Pedas bercampur asam, bikin nambah-nambah deh makannya. Disajikan bersama nasi hangat enak, atau bersama lontong juga cocok kok.


Dan ini adalah sate ayam bumbu kacang yang kubuat untuk anak-anakku. Minimalis banget ya penampilannya heheheeh...


Masih banyak variasi sate lainnya yang ingin kucoba. Smoga next project, sate lilit bisa cepat terlaksana ya  ^_^

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==