NASI BAKAR


Alhamdulillah.,akhirnya kesampaian juga bikin nasi bakar request Ayah. Kalau minggu lalu bikin nasi burih yang juga dibakar, berasal dari nasi putih yang sudah matang. Nah...kalau kali ini beda lagi, diolah mulai dari beras. Tetap simpel namun rasa gurihnya lebih terasa. 

Hari ini hujan turun sejak pagi dan tukang sayur langganan yang super komplit gak jualan...hadeeeh. Padahal niat banget mau belanja buat lauk nasi bakar ini. Di kulkas cuma ada 1/2 kg ayam dan 1/2 udang, ya udah pakai itu aja. Lalapan juga seadanya, cuma punya tomat dan daun kemangi yang dipetik dari halaman rumah. Kalau aja ada selada, pasti penampilannya akan lebih cantik. 

Untuk lauk pendamping, kupilih udang yang dimasak ala Udang 3 Saus. Resepnya bisa diliat disini ya. Selain karena praktis, anak-anak pun suka. Lauk pendamping bisa dipilih sesuai selera ya. Bisa memakai ayam goreng gurih, udang bumbu merah, ikan peda, ayam ungkep dan lain-lain. Tetap cocok. Berikut simpel resep nasi bakarnya ya...

NASI BAKAR

Bahan:
500 gr beras, cuci bersih
600 ml santan dari 1/2  kelapa (tergantung jenis berasnya ya)
2 lembar daun salam
1 batang serai
1 helai daun pandan
garam secukupnya
daun pisang

Bahan lauk:
500 gr fillet ayam, potong dadu
7 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih iris tipis
4 cabe merah, iris tipis
1 sdt garam
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
minyak untuk menumis

Pelengkap :
Udang 3 saus
Sambal terasi
Bawang goreng
Lalapan
Krupuk

Cara Membuat:
Didihkan santan, masukkan daun salam, serai dan pandan. Masukkan beras yang telah dicuci bersih. 
Masak sambil sesekali diaduk hingga air menyusut.
Diamkan sejenak, kemudian kukus hingga matang, selama kurang lebih 20-30 menit.
Untuk membuat lauk, panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan layu. Masukkan fillet ayam, masak hingga berubah warna.
Masukkan cabe merah, aduk rata hingga matang, bumbui dengan garam, merica dan ketumbar. Test rasa. Angkat dan sisihkan.
Campurkan tumisan ayam ke dalam nasi, aduk hingga tercampur rata.
Siapkan daun pisang, letakkan nasi di atasnya, tambahkan udang. Bungkus sambil dipadatkan dan semat dengan lidi. Lakukan sampai habis.
Bakar nasi hingga daunnya agak kering.
Angkat, sajikan dengan bawang goreng, sambal terasi, lalapan dan krupuk.

Rasanya....gurih banget dan kerasa banget aroma bakarannya. Sekali makan gak akan cukup 1 bungkus deh. Apalagi dipadukan dengan sambal terasi favorit, cocok sekali. Eh ya..tuh di foto lupa ya gak ditaburi bawang goreng hahahaha...soalnya keburu-buru banget fotonya, Ayah udah siap untuk makan siang ^_^

Alhamdulillah senang banget bisa bikin nasi bakar, apalagi Papaku ternyata suka banget. Besok-besok dibikinin lagi ya Papa...smoga selalu sehat..Amin.


Nah...kalau ini foto kalau udah ditaburi bawang goreng. Kalau aku suka banget kalau bawang gorengnya melimpah, tambah gurih deh.


Foto sesaat setelah selesai dibungkus dan siap untuk dibakar. Bisa dibungkus dengan model berbeda ya, soalnya aku cuma bisa model begini nih hihihih ^_^


Recomended to try...nasi bakar bisa jadi hidangan favorit keluarga. Happy cooking ya 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==