MARTABAK IMUT


Martabak manis lagi...jangan bosen ya kalau aku sering banget posting martabak manis, soalnya emang favorit keluarga. Biar kata judulnya martabak imut, martabak mini, martabak brownies dan lain-lain, tetap sama aja dengan martabak manis hehehehe, tapi tentunya dengan resep yang berbeda ya. Seperti halnya martabak imut ini, bikin berkat kesengsem dengan martabak imutnya Pawonomah. Belum bisa bikin secantik buatan mbak Yunita, tapi aku puas banget dengan hasilnya. Walau tanpa ragi, tapi teksturnya lebih lembut lho jika dibanding martabak mini tanpa ragi yang dulu pernah kuposting juga. Mungkin karena pemakaian 4 kuning telur ya. Seratnya juga bisa bagus deh. Walau aku bikin yang  versi mini, tapi ketika dimakan akan kelihatan serat-seratnya yang cantik. Sukaaa liatnya.

So...yang penasaran mau cobain, monggo disimak resep yang aku intip dari Pawonomah ya, dengan sedikit modifikasi dariku. Mbak Nyit....suwun banget yo

MARTABAK IMUT
source : Pawonomah
modified by Nina

Bahan:
250 grm tepung terigu protein sedang, ayak
1/2 sdt soda kue
75 grm gula pasir
4 btr kuning telur
1/4 sdt vanili bubuk (aku pakai esens vanilla)
1/4 sdt garam
400 ml susu UHT

Bahan oles & tabur:
Margarin
Gula pasir
Susu kental manis

Topping:
sesuai selera ya, misalnya keju cheddar parut, meises, kacang atau selai

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam satu wadah kecuali susu UHT ---> versiku kecuali soda kue dan susu UHT
 Mixer dengan kecepatan sedang, kemudian masukkan susu UHT perlahan2 hingga habis
 Mixer hingga adonan lembut dan muncul gelembung2 dipermukaannya. Kurleb 10 mnt.
 Diamkan selama minimal 1 jam
Panaskan cetakan (bisa juga pakai teflon biasa ya) dengan api sedang, hingga benar-benar panas ---> versiku setelah didiamkan dan cetakan panas, segera masukkan soda kue, aduk rata 
 Ambil 1 sendok sayur, tuang, ratakan hingga pinggirannya terkena adonan. Tunggu hingga  lubang-lubang tercipta dengan sendirinya.
 Jika bagian tengah sudah mulai berlubang juga, kecilkan api. Taburi permukaan martabak dengan gula pasir. Tutup cetakan nya. Tunggu hingga bagian tengah matang
 Buka tutupnya, olesi permukaannya dengan margarin.
Angkat dan beri topping sesuai selera



Dinikmati tanpa topping aja udah enak lho, pas manisnya. Kalau mau bikin yang versi pandan atau coklat, bisa ditambakan pasta pandan atau pasta coklat di adonannya ya. Atau bisa juga menambahkan coklat bubuk pada campuran terigu. Cocok banget deh ama resep ini, suka rasanya, suka juga dengan teksturnya. Cetakan yang kupakai memang seadanya aja, jadi kurang dalam ya, tapi gak apa lah, yang penting rasanya. Tapi penasaran juga lho, pengen punya loyang martabak beneran ^_^


Nah..ini penampakan sebelum diberi topping, cantik ya lubang-lubangnya. Sst...yang versi pandan, sengaja dibuat untuk dinikmati keluarga, sedangkan yang versi original  kukirimkan untuk pendamping jatah kopi dan snack satpam kompleks. Jadi...berkat kiriman jatah kopi + snack, jadi deh nyobain resep ini. Yuks dicobain juga, silahkan berkreasi sesuai dengan selera kelularga. 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==