FRUIT PIE FOR MY BEST FRIEND

Hari ini aku ada acara makan siang bersama 2 sahabatku, yaitu Momy Wiwik Sulistyo dan Mbak Sari "Dapur Sheryl". Akhirnya kami bertiga menyempatkan diri untuk ketemuan lagi setelah terakhir kali kumpul bersama pada saat Latbar LBT di rumahku bulan lalu. Karena acara hari ini adalah makan siang di rumah Momy, pengen donk untuk sekedar membawa hasil dapurku. Bingung juga sih, karena mereka berdua kan jago banget baking and cooking, sedangkan aku masih belum ada apa-apanya. Sempat ngerasa gak PD, karena kemampuanku yang masih pas-pasan ini, bisa gak ya kasih sesuatu yang enak buat mereka. Tapi..cuek aja lah, yang penting kan niatnya ya. Dan akhirnya aku memutuskan untuk membuat fruit pie...ini dia penampakannya


Pie sendiri adalah jenis kudapan yang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Di Inggris, pie dikenal sebagai Tart, sedangkan orang Prancis menyebutnya dengan Flan. Adonan dasar Pie dikenal dengan istilah Shortcrust Pastry atau adonan berpasir, karena memang kita akan mendapatkan bulir-bulir terigu yang menyatu dengan margarin/butter menyerupai pasir. Membuatnya relatif mudah, tidak perlu diaduk terlalu lama, cukup hingga adonan tercampur rata. Terdapat 2 jenis pie, yaitu pie asin dan pie manis. Pie asin misalnya Quiche Lorraine atau Macaronie Pie seperti yang dulu pernah kuposting disini. Sedangkan pie manis, misalnya fruit pie, pie coklat, pie susu atau juga pie brownies.

Back to my fruit pie, semoga aja Momy dan Mbak Sari berkenan ya dengan fruit pie-ku ini. Secara amatiran banget niy yang bikin xixixixi. Kalau biasanya aku bikin kulit pie memakai resep NCC, seperti yang dulu pernah kuposting disini, kali ini aku memakai resep kulit pie seperti yang pernah diposting mbak Yenni's Cake dan mbak Yunita. Perbedaan dengan resep NCC adalah penggunaan kuning telur dan gula kastor dalam kulit pie-nya. Penasaran ingin mencoba...here's the recipe ya. 1 resep crust ini bisa jadi 2 pie ukuran 22 cm, jadi kalau mau bikin 1 loyang, cukup bikin 1/2 resep aja ya..

FRUIT PIE

Bahan:
500 gr terigu serbaguna
300 gr butter / margarin
100 gr gula kastor
3 kuning telur
1/2 sdt vanilli

Topping :
Aneka buah sesuai selera

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih
100 ml air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara Membuat:
Campurkan margarin / butter, terigu, gula dan vanilli, aduk hingga berbutir-butir menggunakan pisau pastry (kalau tidak ada bisa memakai centong nasi atau 2 buah pisau).
Tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga adonan rata dan kalis.
Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
Oles loyang pie dengan margarin, lalu cetak adonan pie di dalamnya. Tusuk-tusuk memakai garpu di seluruh permukaannya agar tidak melembung ketika dioven (bisa juga dengan meletakkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang dialasi kertas roti di tengah-tengah adonan pie)
Oven 180'C selama kurang lebih 20 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga kering dan matang.
Angkat dan dinginkan.

VLA VANILLA

Bahan:
500 ml susu segar
100 gr gula kastor
5 kuning telur
30 gr tepung custard
1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu L'rome)

Cara Membuat:
Campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata.
Didihkan susu dan gula kastor, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
Masukkan vanilla, aduk rata.
Angkat dan dinginkan.

Penyelesaian:
Keluarkan pie dari loyangnya, penuhi permukaannya dengan vla vanilla.
Hias dengan topping buah dan siram perlahan dengan bahan siraman.


Crust-nya masih jelek ya, sekilas memang mudah tapi ternyata harus telaten juga dan gak semudah yang kubayangkan. Smoga lain kali bisa bikin yang lebih bagus lagi ya...
Selain bikin fruit pie, aku juga bikin Orange Pie lho buat suami dan anak-anak. Besok aja ya upload-nya  ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==