ECLAIR


My first eclair ^_^. Selama ini kalau bikin sus selalu dengan model klasik, baru kali ini bikin model eclair. Choux pastry adalah favorit keluargaku, jadi dikasih isian apa aja pasti laris manis. Kemarin iseng-iseng aja bikin eclair dan laris manis tentunya, karena semua suka. Alhamdulillah...

Resepnya aku pake punya bu Fatmah, karena udah cocok banget dengan resep ini. Berbagai resep choux pastry sebenarnya mirip-mirip ya, antara lain bisa dilihat disini. Langsung aja ya, here's the recipe

ECLAIR
source : Fatmah Bahalwan

Bahan:
200 ml air
125 gr margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu (bisa pakai protein tinggi atau protein sedang ya)
4 butir telur (aku pakai 3 butir ukuran besar)
200 gr DCC lelehkan
50 gr WCC lelehkan

Cara Membuat:
Masak air, margarin dan gula hingga mendidih. Matikan api.
Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari pinggir panci. Angkat dan dinginkan.
Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok hingga rata.
Masukkan adonan ke dalam piping bag, beri spuit dan semprotkan memanjang di loyang yang sudah dioles mentega tipis.
Panggang dalam oven suhu 200'C selama 25-30 menit hingga mengembang, kecoklatan dan matang (jangan sesekali membuka oven ya).
Angkat, dinginkan di cooling rack. Gunting bagian tengahnya dan isi vla sesuai selera.
Celupkan bagian atasnya ke dalam DCC leleh, dinginkan dan kemudian hias lagi dengan WCC.
Siap disajikan.

Asyiiik....eclair-nya tetep kokoh dan gak kempes bahkan sampai malam harinya. Request keluarga, gak usah dikasih isian ya Bunda....oke deh, malah seneng aku hihihihi. Yuks dicobain bikin, enaaaak deh.


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Wednesday, 23 March 2016 at 12:23:00 GMT+7 delete

Halo mb nina 😊
mau tanya mb,kira2 1 rese ini jadi berapa pcs ya?. Trims mb ☺

Reply
avatar
Thursday, 24 March 2016 at 21:01:00 GMT+7 delete

Hai mbak Intan...maafkan saya lupa mbaak, lama banget gak bikin eclair ini hiiks. Dicoba aja ya mbak Intan ^^

Reply
avatar