CHEESE KLAPPERTAART


Klappertaart again ya, kebetulan cheese klappertaart ini udah pengen dibuat sejak lama dan baru kesampaian dibikin semalam. Sedikit curhat selama proses pembuatannya yang sedikit-sedikit berhenti karena adek yang rewel dan berulang kali terbangun karena memang masih sakit. Alhasil bikin 2 resep klappy membutuhkan waktu hampir 4 jam dan hasilnya kebanyakan berantakan T_T. It's oke yang penting adek baik-baik aja. 

Niat banget bikin cheese klappy ini sebenarnya untuk dibawa ke acara makan siang anniversary sahabatku Momy Wiwik Sulistyo, tapi karena keesokan harinya kondisi adek masih sakit jadinya gak tega mau ninggal. Akhirnya sepulang dari dokter sekalian jalan ke rumah momy dan mampir sebentar aja. Maaf ya momy gak bisa ikut gabung. Sempat gak pede banget karena semua klappy-nya berantakan hasilnya *hadeeeeh*, tapi gimana lagi, next time harus lebih bagus lagi ya.

Base resepnya tetap memakai resep klappertaart wilton, karena udah ngerasa cocok banget ama resep ini. Seharusnya kalau cheese klappertaart memakai cream cheese sebagai tambahannya, tapi karena di tempatku susah dapetinnya, akhirnya pakai keju cheddar yang diparut halus heheheh. Resep klappertaart wilton original bisa dillihat disini ya. Kalau sebelumnya aku modif memakai susu cair + whipcream cair, kali ini aku memakai full susu cair. Here the recipe ya...

CHEESE KLAPPERTAART

Bahan:
1000 ml susu cair
50 gr tepung custard
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
225 gr gula pasir (aslinya 250 gr)
6 kuning telur
150 gr mentega
100 gr keju cheddar parut halus
1 sdt vanilla
3 buah kelapa muda, ambil dagingnya
kismis, almond/kenari (skip, hanya dipakai untuk topping aja)

Topping:
6 putih telur
4 sdm gula kastor
2 sdm tepung terigu
kismis secukupnya (direndam air hangat, peras dan percikkan vanilla)
almond secukupnya (bisa juga memakai kenari)
kayu manis bubuk secukupnya
keju cheddar parut secukupnya
red cherry kering secukupnya

Cara Membuat:
Larutkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan sebagian susu, aduk rata dan pastikan tidak ada yang bergerindil (saring bila perlu)
Panaskan fresh milk dan gula, masukkan campuran susu dan tepung. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Pastikan untuk mengaduk hingga ke dasar panci ya, agar tidak gosong.
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
Masukkan vanilla, aduk rata.
Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk rata dan kemudian masukkan daging kelapa muda, aduk rata.
Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam cup alufoil atau bisa juga dituang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dipoles tipis dengan mentega.
Panggang dengan cara au bain marie/ steam bake dengan suhu 170'C selama kurang lebih 15 menit.

Topping:
Kocok putih telur dengan menggunakan mixer, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dimixer hingga kaku.
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan menggunakan spatula.
Masukkan campuran putih telur ke dalam piping bag dan semprotkan ke atas adonan setengah matang tadi hingga cukup tinggi.
Taburi atasnya dengan kayu manis bubuk kemudian taburi kembali dengan kismis dan almond.
Panggang lagi hingga topping berwarna kecoklatan.
Angkat dan dinginkan.

Ada sisa beberapa cup untuk dinikmati keluarga, Alhamdulillah semua suka. Adek yang masih sakit pun tetap doyan aja maem cheese klappy. Mungkin karena teksturnya yang memang lembut banget ya. Next project...Cappucino Klappy hehehehe...mengumpulkan semangat dan niat dulu ya untuk membuatnya ^_^


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==