SOTO AYAM KEDIRI


Hari ini kakak Naira request minta bikinin soto, jadi inget deh ama soto Bok Ijo. Tentang soto Bok Ijo sudah pernah aku ceritakan disini. Ingat juga kalau beberapa waktu yang lalu sahabatku yang pinter masak mbak Yunita, pernah posting soto ayam kediri ala Bok Ijo lengkap dengan ayam bakar bumbu kecap di blog-nya. Segera meluncur ke Pawonomah untuk ngintip resepnya. 

Alhamdulillah...rasanya tidak mengecewakan, laris manis dan habis tak bersisa. Untuk penampilan dan foto-fotonya memang gak bisa keren ya, maklum kemampuan terbatas nih hehehehe. Yang jelas, resep ini recomended to try. Matur nuwun buat resepnya ya mbak sayang.. Berikut resep yang sudah sedikit kumodif ya

SOTO AYAM KEDIRI

Bahan:
750 gr ayam, potong sesuai selera
2 batang sereh
5 daun jeruk
2 batang daun bawang, potong-potong
200 ml santan kental
2 liter air

Bumbu Halus:
15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1 ruas kunyit
5 butir kemiri, sangrai
3 cm lengkuas
3 cm jahe
1/4 sdt merica butiran
1/2 sdt ketumbar butiran
1 sdt pala bubuk

Pelengkap:
kubis iris tipis
seledri iris tipis
tauge / kcambah
jeruk nipis
cabe rawit yang sudah direbus
telur asin
ayam bakar
kecap manis

Cara Membuat:
Didihkan air, rebus ayam hingga empuk.
Tumis bumbu halus, masak hingga matang dan kering, masukkan sereh dan daun jeruk. 
Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam, masak dengan api kecil hingga mendidih, bumbu meresap dan kuah agak berkurang.
Test rasa hingga pas, masukkan santan sambil diaduk sesekali.
Masukkan daun bawang, aduk sebentar. 
Ambil ayam dari kuah soto, didihkan sekali lagi dan matikan api.
Goreng ayam hingga setengah matang, iris tipis dan tusuk dengan menggunakan tusuk sate. Rendam dalam bumbu kecap dan panggang.
Soto dan ayam bakar siap dihidangkan.



Jadi favorit keluarga deh, anakku sampai nambah-nambah lho maemnya. Seneeng banget liatnya. Gak heran kalo sore2 panci sotonya udah bersih karena ludes tak bersisa ^_^.  Eh ya, aku sengaja gak bikin sambal kecap, karena ikut-ikutan di soto Bok Ijo Pak No, yang juga hanya menyajikan cabe rawit sebagai pelengkapnya. 


Ayam bakar yang simpel tapi enak, cocok sebagai pelengkap soto ayam Kediri ala Bok Ijo.


Pelengkap soto, bisa diganti sesuai selera ya. Bisa juga memakai perkedel kentang, sate telur puyuh bumbu kecap, tempe goreng tipis atau bahkan sate kerang ala soto ayam Semarang.


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »