MISUA GORENG


Hai...udah pada tau kan tentang cemilan yang satu ini? Gampang banget bikinnya, anti gagal dan enak pastinya. Aku pertama kali tau tentang misua goreng pada waktu masih SMA dulu, jaman jadul ya. Dulu tanteku sering banget bikin misua goreng dan aku dengan setia selalu jadi tukang icip-icip heheheheh. Sekarang setelah belajar masak, lumayan sering juga bikin misua goreng. Kadang kalau ada rapat atau arisan, bikin juga misua goreng untuk dimasukkan ke snack box atau sebagai salah satu jajanan yang disajikan di piring.

Seperti biasa, kalau bikin misua goreng ini pakai jurus cemplang cemplung aja. Bumbunya mirip dengan kalau aku bikin sop. Nah...kebetulan di rumah lagi gak punya daging giling, akhirnya kupakai kornet sebagai salah satu isiannya. Silahkan berkreasi dengan isiannya ya, disesuaikan aja dengan selera keluarga ^_^

MISUA GORENG

Bahan:
250 gr misua kering
1 liter air
1/2 bawang bombay
2 buah wortel iris dadu kecil-kecil
100 gr daging giling (aku pakai kornet)
2 helai daun bawang, iris tipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1//2 sdt gula
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1/2 sdt garam

Bahan Pelapis:
tepung roti secukupnya
3 butir telur kocok lepas

Cara Membuat:
Didihkan air, masukkan wortel dan rebus hingga agak empuk.
Panaskan minyak, tumis daging giling hingga matang dan berubah warna, sisihkan.
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum, masukkan ke dalam rebusan air.
Masukkan daging giling ke dalam rebusan air, bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula.
Masukkan misua, aduk hingga rata. Masukkan daun bawang dan test rasa.
Masak hingga air meresap, matikan api.
Siapkan  loyang, oles tipis seluruh permukaannya dengan minyak goreng, kemudian tuang misua ke dalam loyang, ratakan. Dinginkan.
Setelah dingin dan set (biasanya aku masukkan kulkas), potong-potong sesuai selera.
Gulingkan misua ke tepung roti, celup ke dalam kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung roti hingga seluruh permukaannya tertutupi.
Panaskan minyak yang banyak (deep frying), goreng misua hingga kecoklatan.
Angkat dan siap dihidangkan dengan saus mayonaise bila suka.

Tektur dalamnya yang lembut berpadu tekstur luarnya yang cukup crunchy. Misua ini cukup mengenyangkan ya, jadi cocok dinikmati saat sarapan. Cocok juga buat bekal sekolah, karena anak-anak banyak juga yang suka dengan rasanya yang gurih.


Haduuuh...tambah lama kok fotonya bukannya tambah bagus ya, yang ada malah tambah burem >.< 
Gak layak tayang deh nih, tapi ya mohon dimaklumi ya, masih dangkal banget ilmunya dan masih harus banyak belajar lagi .


Nah..untuk yang belum tau penampakan misua kering, bisa dilihat disini ya. Mirip dengan mie, tapi lebih kecil dan halus. Teksturnya juga lebih lembut.


Masih penasaran dengan misua goreng...yuk dicoba bikin. 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==