MARBLE CHEDDAR CHEESE CAKE


Cake ini kubuat kemarin sebagai hadiah untuk Milad suamiku pada tanggal 13 Februari yang lalu. Awalnya Ayah minta dibuatin macaroni schotel..lho..kok makutel mulu ya, gak ada bosennya deh. Kutanyain lainnya pengen apa, katanya pokoknya pasta. Sempat kepikiran untuk bikin lasagna, tapi ternyata hunting keman-mana gak ketemu juga. Ternyata beliau berubah pikiran, ganti request chizkek aja. Karena udah gak ada waktu lagi untuk hunting cream cheese, akhirnya kuputuskan untuk membuat cheddar cheese cake aja. Sama enaknya dan lebih ngeju  menurutku.

Ingat akan postingan Bunda Ricke Indriani tentang marble JCC-nya yang cantik itu, kuputuskan untuk mencoba marble CCC. Thanks for sharing ya Mbak...
Resepnya masih tetap sama dengan resep yang kupakai dahulu dan pernah kutulis disini. Resep berikut sudah kukalikan 2 ya dari resep aslinya ^_^. 

MARBLE CHEDDAR CHEESE CAKE
source : Ricke Indriani

Bahan:
A. 260 ml susu cair
80 gr butter
200 gr keju cheddar parut halus 

B. 40 gr tepung terigu all purpouse
30 gr tepung maizena

C. 6 kuning telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon

D. 6 putih telur
180 gr gula kastor
2 sdt air jeruk lemon

E. 20 gr coklat bubuk, dilarutkan dalam 30 ml air panas, dinginkan
(skip, karena coklat bubuknya habis, aku pakai 1 sdm pasta BF)

Cara Membuat:
 Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang bulat (aku memakai diameter 18 cm), oles bagian dasar dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles kembali. Apabila memakai loyang dengan sambungan, bungkus dengan alumunium foil untuk mencegah air merembes masuk.
 Campur dan ayak bahan B, sisihkan.
 Tim bahan A hingga keju larut, angkat dari api. Dalam keadaan masih hangat masukkan bahan B. Aduk rata hingga lembut dan tidak menggerindil dengan menggunakan whisker atau mixer speed rendah.
Masukkan bahan C, aduk kembali hingga rata.
Dalam sebuah wadah yang bersih dan kering, kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan air jeruk lemon dan gula kastor sambil terus dikocok hingga SOFT PEAK, jangan terlalu kaku dan kering ya.
Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke dalam campuran keju. Aduk balik hingga rata dan masukkan kembali ke dalam adonan putih telur (teknik pancing).
Aduk balik kembali hingga rata dan pastikan semua tercampur rata, tidak ada endapan adonan keju di dasar wadah.
Ambil 150 gr adonan, campurkan dengan pasta BF atau dengan larutan coklat. Aduk rata.
Tuang 1/2 adonan putih ke dalam loyang, beri 1/2 adonan coklat secara acak. Tuang kembali sisa adonan putih dan terakhir tuang sisa adonan coklat. Buat motif marble dengan menggunakan sumpit atau tusuk sate. 
Letakkan dalam loyang pendek yang sudah diberi air panas (steam bake / au bain marie). Panggang dalam oven selama kurang lebih 60-90 menit (dengan oven-ku kira-kira 70 menit) hingga cake matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
Angkat cake dan dinginkan hingga cake menjauh dari sisi-sisi loyang baru kemudian dikeluarkan dari loyang. Dinginkan hingga set dan siap dihias sesuai selera



Karena kemampuan dekor yang masih pas-pasan, jadi cake-nya cukup aku hias dengan whipcream kocok dan buah-buahan. Permukaan atasnya dioles dengan selai strawberry. Segar banget, rasa cake-nya yang ngeju bercampur dengan buah-buahan.

Sayangnya motif marble yang kubuat belum bisa cantik, mungkin karena aku grogi ya waktu bikin motifnya, karena ragu-ragu jadi nggak bisa sampai ke bawah tuh.


Ternyata ada sedikit air yang merembes, tuh keliatan di dasar cake-nya :( 

Masih ada sedikit sisa adonan, kumasukkan ke dalam alufoil cup. Cantik juga ya...ntar kalau makan tinggal disendokin aja.


Tidak ada perayaan apa-apa di rumah kami, teriring doa yang tiada henti buat Ayah, smoga panjang umur dan berkah di sisa umurnya. Eid Milad ya Ayah. Sssttt...selain Milad Ayah, tgl 13 Februari bertepatan juga dengan Anniversary kami yang ke 8. Alhamdulillah ya...syukur tiada tara atas segala rahmat-Nya yang sudah dilimpahkan kepada keluarga kami. 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==