IKAN KEMBUNG + SAMBAL KECAP JERUK


Ini nih menu favorit suamiku, ikan goreng plus sambal. Ikan apa aja dia suka, terutama digoreng, yang masak juga seneng karna gak ribet. Waktu belanja ikan di tukang sayur, ternyata bawanya ikan kembung, oke deh dibeli aja. Menurut cerita seorang teman, ikan kembung ini ada beberapa jenis dan kebetulan yang kubeli tadi adalah ikan kembung puring yang enaak. Wah..jadi semangat nih buat makannya. Dan ternyata setelah digoreng, emang enak banget, dagingnya lembut dan gurih, durinya juga tidak banyak.

Bumbu yang kupakai untuk menggoreng ikan kembung ini bukanlah bumbu istimewa, hanya bumbu biasa yang banyak juga dipakai di berbagai dapur. Nah...sebagai pelengkapnya, aku membuat sambal kecap jeruk yang merupakan sambal rekomendasi dari temanku tadi. Sambalnya enaaak lho. Memang tidak terlalu dominan rasa pedasnya, tapi terasa sedap dengan perpaduan rasa pedas, asam dan manisnya. Makasih ya Uncu Vitry, sambalnya mantap banget deh.

IKAN KEMBUNG GORENG

Bahan:
500 gr ikan kembung
1 sdm air jeruk nipis
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:
2 cm kunyit bakar
1 ruas jahe
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Cara Membuat:
Cuci bersih ikan kembung, kucuri dengan air jeruk nipis dan cuci bersih kembali.
Lumuri ikan dengan bumbu halus hingga merata ke seluruh permukaan ikan, diamkan selama kurang lebih 30 menit, hingga bumbu meresap.
Goreng ikan dalam minyak yang banyak hingga kering.
Angkat dan tiriskan.

Sambalnya sih pake jurus kira-kira aja ya, kurang lebih resepnya sebagai berikut ya

SAMBAL KECAP JERUK

Bahan:
2 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cabe merah besar
7 cabe rawit (bisa ditambah ya)
2 sdm kecap manis
1 jeruk nipis, ambil airnya
sejumput garam

Cara Membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih bersama garam, cabe merah besar dan cabe rawit.
Tambahkan kecap manis dan terakhir beri perasan air jeruk nipis, aduk rata.
Siap untuk disajikan.

Enaaak deh sambalnya, bahan-bahannya memang mentah semua, terasa segar karena ada perasan air jeruk nipisnya. Sebagai pelengkap, hidangkan ikan goreng dan sambal bersama lalapan sesuai selera ya. Kali ini aku memilih selada, terong bulat dan tomat. Alhamdulillah...nikmatnya 


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Wednesday, 22 February 2012 at 05:51:00 GMT+7 delete

As'salam Lina

Lama banget enggak mampir ke blog Lina, harap sihat2 ya. Makaseh ya masih ingat sama k.ct dan singgah blog Dapur CT :)

hidangannya enak sekali Lina, k.ct kalau masak begini harus makan sama suami aje, kerana anak anak semuanya enggak suka makan ikan, hanya ayam aje hari hari..hehehe

Reply
avatar
Wednesday, 22 February 2012 at 05:56:00 GMT+7 delete

Maaf ya tersalah panggil nama k.ct kompius ingat sama teman lama Lina namanya. rupanya Nina...hehehe. Jangan marah ya Nina, awal pagi bikin ribut segala..hehehe

Reply
avatar
Wednesday, 22 February 2012 at 23:47:00 GMT+7 delete

Waaaikumsalam Kak CT, alhamdulillah sehat2 smua disini, smoga demikian dengan kabar kakak sekeluarga. Amin.
Terima kasih udah mampir di dapur Nina ya kak, maaf sajiannya seadanya, belum bisa sebagus sajian di dapur kakak :))

Reply
avatar