CUMI ISI MASAK KARE


Sebenarnya ini masaknya udah lama banget, sampai lupa bulan apa bikinnya. Yang pasti aku ingat waktu masak ini benar-benar laris manis, karena sekeluarga suka semua termasuk anakku yang paling kecil. Hal itulah yang bikin aku jarang sekali masak menu dengan pedas yang heboh, karena kasian anakku gak bisa ikut ngerasain heheheh. Alasan aja ya...padahal malas bikin terlalu banyak menu ^_^

Menu cumi masak kare ini recomended banget untuk dicoba lho. Aku ngintip di daily menu-nya mbak Ricke Indriani, hmmm...pasti enak kan. Berikut ini resep yang sudah sedikit kumodif ya

CUMI ISI MASAK KARE

Bahan:
500 gr cumi ukuran sedang
1 sdm air jeruk nipis
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
2 sdm air asam jawa
500 ml santan kental
1 sdm munjung bubuk kare
1 buah cabe merah iris serong 
garam, merica bubuk, kaldu bubuk non MSG dan gula pasir secukupnya
1 helai daun bawang, potong-potong
minyak goreng untuk menumis

Bahan Isian:
1 tahu putih, haluskan
1 buah telur kocok lepas
1 buah wortel, potong dadu kecil
garam dan merica bubuk secukupnya

Bumbu Halus:
 6 bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit, bakar
2 cm lengkuas
3 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar
1 sdt jinten

Cara Membuat:
Cuci bersih cumi, pisahkan kepalanya dan bersihkan tintanya. Buang kulit arinya yang berwarna ungu hingga cumi berwarna putih bersih.
Lumuri cumi dengan air jeruk nipis, beri sedikit garam dan merica bubuk, diamkan sebentar dalam kulkas.
Campur semua bahan isi kemudian isikan ke dalam cumi sambil dipadatkan, semat dengan tusuk gigi atau lidi. Lakukan hingga semua cumi terisi. 
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk rata.
Masukkan air asam jawa, aduk rata. Masukkan santan dan didihkan.
Masukkan cumi isi beserta kepalanya, bumbui dengan garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir. Masak hingga bumbu meresap. Test rasa.
Masukkan cabe merah dan daun bawang, masak kembali sebentar.
Angkat dan hidangkan.

Alhamdulillah...kepuasan tersendiri saat melihat keluarga menyukai apa yang sudah kita masak ya. Thanks Ricke untuk sharing resepnya. Yuk dicobain bikin. Happy cooking ya

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Tuesday, 14 February 2012 at 07:22:00 GMT+7 delete

mau.. masih ada ngga atau mau barter sama rendang udang.. hehe

Reply
avatar
Tuesday, 14 February 2012 at 22:52:00 GMT+7 delete

Mau banget kalo barter ama rendang udang yang bener-bener menggoda perut itu ^_^

Reply
avatar