BOLU KUKUS GULA MERAH MALU-MALU

Suka banget makan bolu kukus, tapi gak suka bikinnya hehehehe. Suka takut kalau gak mekar, kalaupun mekar ya pasti malu-malu, gak bisa mekar sempurna. Kalau mamaku yang bikin, pasti bisa cantik-cantik deh. Berarti emang faktor aku-nya sendiri yang belum bisa menaklukkan bolkus.

Seperti halnya tadi, pengen banget bolu kukus gula merah. Biasanya mama suka bikin, tapi pengen lah nyoba bikin sendiri, nyontek resep mamaku tentunya. Bikinnya dibantuin ama Kakak Naira...tuuh..dia yang pegang mixer hihihih...


Selain pegang mixer, kakak Naira juga bantu masukin adonan ke dalam paper cup. Dan...inilah hasil kerja bareng kami ...


Hiiiks...belum bisa mekar dengan sempurna, masih malu-malu bolkus-nya. Jadi bener-bener penasaran naklukin bolkus deh. Next time coba lagi...tetap semangat ya.
Resepnya, aku pakai resep mamaku, biasanya mama cuma pake gelas belimbing untuk takarannya. Aku cuma bikin 1/2 resep aja, karena takut kalo gak bisa mekar heehehe. Berikut resep yang sudah kukonversi 

BOLU KUKUS GULA MERAH

Bahan:
250 gr tepung terigu all purpouse
250 gr gula merah iris halus
1 sdm gula pasir
2 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
200 ml air
50 ml minyak goreng kualitas baik

Cara Membuat:
Panaskan kukusan hingga uap airnya cukup banyak.
Campurkan gula merah bersama air, didihkan hingga gula menjadi cair, dinginkan.
Ayak tepung terigu, campurkan dengan baking powder dan soda kue, buat lubang di tengahnya dan masukkan telur, aduk rata.
Tuang air gula sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan speed rendah. Kocok hingga tercampur rata.
Masukkan minyak, aduk balik hingga rata, pastikan tidak ada endapan minyak yang tertinggal.
Tuang adonan ke dalam paper cup hingga penuh.
Kukus selama kurang lebih 15 menit dengan api besar.
Apabila sudah matang, angkat dan siap disajikan.

Walaupun mekarnya masih malu-malu, rasanya enak juga. Haruuum khas gula merah. Jangan kapok untuk mencoba ya, sampai akhirnya bisa bikin bolu kukus yang mekar dengan cantiknya.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »