BITTERBALEN


Mendadak pengen banget ngemil bitterbalen, gara-gara semalem ngomongin bitterbalen Tip-top Medan yang terkenal itu dengan seorang sahabat. Menurut sahabat-ku, bitterbalen di Tip-top memakai isian daging ikan lho, jadi rasanya memang mantap punya. Jadi deh sore tadi diniatin bikin bitterbalen. Niatnya pengen coba bikin dengan isian ikan, udah kepikiran aja untuk beli tuna kalengan. Ternyata sampai rumah malah lupa sama sekali. Ya sudah lah, karena di kulkas ada daging giling, dipakai aja untuk bitterbalen.

Bitterbalen sendiri adalah camilan khas Belanda yang rasanya mirip dengan kroket. Perbedaannya adalah kroket terbuat dari kentang kukus yang dihaluskan, sedangkan bitterbalen tidak memakai kentang. Kalau kita membuat kroket, biasanya kita akan membuat ragout lagi sebagai isiannya. Berbeda halnya dengan bitterbalen yang terbuat campuran daging cincang yang langsung dibuat menjadi ragout, baru kemudian dibalut dengan tepung roti. 

Resep bitterbalen yang kupakai masih tetap sama dari dulu, yaitu resep yang pernah dishare Ricke Indriani.  Resep yang kurang lebih sama juga pernah diposting di milis NCC. Check it out the recipe ya

BITTERBALEN

Bahan:
250 gr daging giling (bisa diganti udang, ikan, ayam atau kornet)
1 bawang bombay iris halus
100 gr margarin
150 gr tepung terigu
350 ml susu cair
2 batang daun bawang iris halus
garam, merica bubuk dan gula secukupnya
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
Tepung roti secukupnya
3 butir telur kocok lepas

Cara Membuat:
Panaskan sedikit minyak, sangrai daging giling hingga matang dan berubah warna, angkat dan sisihkan.
Panaskan margarin hingga meleleh, tumis bawang bombay hingga layu dan harum. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata dan mengental.
Masukkan daging giling, bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula, aduk rata. Test rasa.
Masukkan daun bawang, aduk rata, angkat dan biarkan hangat.
Bulat-bulatkan adonan hingga seluruh adonan habis (aku bikin ukuran kecil aja, biar anak-anak mudah memakannya)
Gulingkan di tepung roti kemudian celupkan di kocokan telur dan gulingkan kembali di tepung roti hingga seluruh permukaannya tertutup rata.
Panaskan minyak, goreng bitterbalen hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Sajikan dengan saus sambal atau saus mayonaise jika suka

Agar tepung roti bisa menempel dengan baik, bitterbalen bisa dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu. Tapi kalau ingin langsung digoreng juga gapapa kok. Menggorengnya memang agak tricky ya, karena kalau kita tidak hati-hati hasil gorengannya tidak akan bisa cantik. Nah...aku juga belum bisa tuh bikin yang warnannya coklat keemasan dan rata di setiap sisinya. Pasti ada aja yang bikin jelek. Padahal udah benar-benar dijaga memakai api sedang dan tidak terlalu sering dibolak-balik. 

Liat deh hasil gorenganku, masih jauh dari rapi dan cantik kan. Yang penting tetap semangat ya, practise makes perfect kan ^_^


Salah satu trik untuk mendapatkan hasil gorengan yang cantik adalah dengan menggunakan 2 buah penggorengan. Apabila selesai menggoreng, maka pada penggorengan akan terdapat sisa-sisa tepung roti yang mengendap pada bagian dasar. Apabila kita membuat bitterbalen dalam jumlah banyak dan tidak membersihkan sisa-sisa tersebut, maka akan menempel pada bitterbalen yang akan digoreng selanjutnya. Hasilnya gak cantik deh. Jadi...siapkan penggorengan kedua, minyak kita tuang di penggorengan tersebut dan lanjutkan menggoreng kemudian endapan tepung roti di penggorengan pertama bisa kita buang. Demikian seterusnya.

Bitterbalen ini crunchy di luarnya, namun dalamnya lembut banget lho..


Ditambah melted cheese, pasti lebih enak deh, tapi kebetulan lagi gak punya stok. Sst...adek sekali makan bisa habis 3 biji lho xixixixi...dimakan hangat-hangat, enaak banget.

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==