AYAM BUMBU JAWA

Kemarin tuh pengen banget makan ayam dengan bumbu yang manis dan legit. Selama ini lebih sering mengolah ayam dengan bumbu pedas ataupun gurih. Keinget deh akan olahan ayam yang diungkep memakai air kelapa, mirip dengan kalau kita membuat bacem. Inget lagi kalau mbakku yang cantik Teti Relina pernah posting ayam goreng Jawa. Langsung deh meluncur ke blog-nya. Thanks ya mbak...resepnya cocok banget dengan selera keluargaku.


Kali ini kubuat 2 versi, yaitu versi goreng dan versi bakar. Sama enaknya kok karena setelah diungkep pun ayamnya udah meresap bumbunya. Berikut resep yang kumodif dari dapur Mbak Teti ya...

AYAM BUMBU JAWA

Bahan:
750 gr ayam, potong sesuai selera
500 ml air kelapa 
1 jeruk nipis
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 batang serai, geprek
1 ruas lengkuas
1 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
minyak goreng

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
2 cm kunyit 
75 gr gula jawa (gula merah)

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam, beri perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan sejenak.
Pindahkan ayam ke dalam wajan, tambahkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, air asam jawa dan air kelapa.
Ungkep ayam hingga airnya habis, pakai api kecil aja ya.
Goreng ayam dalam minyak yang banyak dan panas hingga kecoklatan. Atau bisa juga dibakar sebentar sampai terlihat efek bakarnya.
Angkat dan siap dihidangkan.

Rasanya...mantap banget. Recomended untuk dicoba ya. Rasa manis gula jawa, tapi juga ada sensasi asam juga. Cocok banget disajikan dengan nasi panas dan sambel terasi. Selamat mencoba ya..



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==