APEM


Tumben-tumbennya ya bikin apem, ada apakah gerangan? Behind story-nya begini nih...hari Minggu kemarin, aku liat ada sebaskom nangka di kulkas. Entah kenapa ya kok langsung kepikiran buat bikin apem selong aka apem inggris. Nah..Senin siang setelah jemput sekolah, langsung deh bikin adonannya. Bongkar-bongkar kulkas, nangkanya kok udah gak ada heuheuheu..., ternyata nangkanya udah dibawa lagi ama adikku ke Surabaya. Wedew...padahal pengen apem gara-gara liat nangka ya. Tapi gak apa, jalan terus buat apem soalnya adonan udah siap, males juga siang-siang cari nangka. 

Niatnya kan bikin apem selong, karena memang aku suka banget ama pinggirannya itu, crispy banget. Tapi...karena keterbatasan alat, jadinya gak bisa bagus tuh renda di apemnya, cetakannya kurang cekung. Makanya gak bisa disebut apem selong deh hihihihi. Alhamdulillah apemnya laris manis, mama juga suka banget, sampai-sampai kemarin minta dibuatin lagi.

Resepnya hasil nanya-nanya ke temen deket dan dimodif sesuai dengan selera. Berikut ini resepnya

APEM (APEM SELONG WANNA BE)

Bahan:
200 gr tepung terigu
200 gr tepung beras
350 gr tape singkong (pilih yang manis ya)
300 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdm ragi instan
sejumput garam
400 ml santan, dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat :
Campurkan tepung terigu dan tepung beras, sisihkan.
Dalam wadah yang besar, campurkan tape, telur, ragi dan gula. Kocok sebentar hingga gula larut.
Masukkan campuran terigu bergantian dengan santan sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah ( diaduk memakai spatula biasa juga gpp)
Diamkan adonan di tempat hangat selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan mengembang.
Panaskan cetakan, tuang 1 sendok sayur adonan, tekan perlahan di bagian tengah. Masak hingga matang.
Angkat dan lakukan hingga adonan habis.

Mudah bukan cara membuatnya. Empuk dan manisnya pas. Dinikmati hangat-hangat enak banget dan walaupun sudah dingin tetap empuk lho.


Tekstur bagian dalamnya....lembut dan empuk.


Sedikit tips...aku memakai tepung beras yang baru digiling, jadi tepung berasnya belum kering dan masih lembab. Menurut teman-temanku yang biasa membuat apem, kalau kita memakai tepung beras yang sudah kering atau siap pakai, tekstur apemnya akan berbeda.CMIIW ya, soalnya aku juga belum pernah bikin.

Ini adalah fast maker yang kupakai untuk mencetak apem, karena cuma punya ini, jadinya apem selongnya tidak berenda ^_^


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==