SUP IKAN PATIN


Hujan..hujan.setiap hari hujan, bikin udara dingin dan cepet bikin laper. Paling enak tentunya makan yang hangat-hangat, biar badan gak meringkuk kedinginan aja heheheheh. Beberapa waktu yang lalu pengeeen banget makan sup ikan,gara-gara liat postingan sahabat FB yang pintar masak dan tidak sombong..yaitu Ajeng Rani. Haduuuh Rani..asli saat itu mupeng banget liat Sup Tulang Ikan Salmon-nya. 

Apa daya disini susah banget dapetin ikan salmon, kalaupun ada pasti harganya selangit. Maka dimulailah hunting ikan yang sekiranya enak buat dibikin sup. Ke supermarket, berharap bisa dapetin fillet dori, eh..ternyata lagi kosong. Harapan satu-satunya ya tukang sayur langganan, maklum hujan-hujan gini males banget ke pasar tradisional. Tadi tukang sayur cuma bawa ikan patin, ya wis lah gapapa, dicocok-cocokin aja.

Sebenarnya kalau sup ikan patin, paling enak dibikin yang versi asam, dikasih belimbing wuluh, dikasih juga cabe rawit yang banyak, tanggung deh nyaman banget dinikmati hangat-hangat disaat hujan. Tapi kalau kubikin versi seperti itu, anak-anakku pasti gak akan suka. Ya akhirnya kubuat versi sup bening aja.

Resepnya aku modif dari Majalah Sedap, disesuaikan aja dengan bahan-bahan yang aku punya.

SUP IKAN PATIN

Bahan:
1 ekor ikan patin (kira-kira 500 gr)
1 sdt air jeruk nipis
100 gr sawi putih, potong-potong
2 wortel ukuran sedang, potong bulat
50 gr jamur  kuping, rebus dan potong-potong
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 tomat, potong-potong
2 helai daun bawang, potong-potong
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 lt air
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Potong-potong ikan patin sesuai selera (tadi sebagian kubuat fillet dan sebagian dipotong biasa), kucuri dengan air jeruk nipis dan tambahkan garam. Diamkan sejenak.
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Masukkan wortel, aduk rata.
Tuangkan air, masak hingga mendidih dan wortel empuk.
Bumbui dengan garam, merica dan gula, masukkan jamur kuping, ikan patin dan sawi putih.
Masak hingga matang, tambahkan tomat dan daun bawang.
Test rasa, angkat dan siap dihidangkan hangat.

Ternyata enak juga, ikan patin dimasak sup model bening seperti ini dan tentunya anak-anak bisa juga menikmatinya. Masih penasaran dengan sup ikan patin yang versi asam pedas, next time harus bikin juga.
Happy cooking :)

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==