MACARONI SCHOTEL DOUBLE SAUCE


Makutel lagi...kali ini untuk hantaran tahun baru yang akan diberikan keluarga dr. Sugeng dan juga keluarga dr. Moestidjab SpM di Surabaya. Udah sering bikin makutel, tapi sempet bingung mau bikin yang kaya gimana lagi ya. Cari-cari ide, akhirnya inget the best baked macaronie of the month punya mbak Melly Oktaviana nun jauh di Serawak sana. Mbak...aku contek idenya ya.

Makutel with double sauce ini menggunakan 2 macam saus yaitu saus putih atau saus bechamel dan saus merah atau saus bolognese. Aku hanya membuat masing-masing selapis aja. Isiannya smoked beef, daging giling dan jamur kancing. Sebenarnya mau ditambahi dengan sosis, tapi lupa beli...hadeeeh  pikun. Super ngeju dengan topping keju mozarella dan parutan keju cheddar yang melimpah (jadi gak keliatan deh si moza-nya hihihi). Smoga keluarga beliau berdua berkenan ya dengan makutel buatanku ini.

Resep asli makutel masih pakai makutel bolognese yang sudah pernah kuposting disini. Kutuliskan kembali ya...

MACARONI SCHOTEL DOUBLE SAUCE

Bahan :
300 gr macaroni, rebus hingga al dente
250 gr daging giling
5 lembar smoked beef iris kotak
100 gr jamur kancing
1/2 bawang bombay iris halus
3 siung bawang putih, geprek dan iris halus
3 sdm tepung terigu
150 gr keju cheddar parut
500 ml susu cair
5 telur kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
margarin untuk menumis

Topping:
Keju mozarella dan keju cheddar parut

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombah dan tumis hingga layu.
Masukkan daging giling, aduk hingga daging berubah warna, tambahkan terigu, aduk rata.
Masukkan susu cair, aduk terus hingga mengental kemudian masukkan keju cheddar, sosis dan jamur. Aduk hingga rata.
Bumbui dengan garam dan merica, masukkan macaroni dan aduk hingga rata. Matikan api
Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata

SAUS BOLOGNESE (SAUS MERAH)

Bahan:

5 buah tomat, blender hingga halus
10 sdm saus tomat
200 gr daging giling
100 ml air
2 bawang putih cincang halus
1/2 bawang bombay iris halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt oregano
1-2 sdt gula pasir
minyak untuk menumis

Cara Membuat:

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna, kemudian tambahkan tomat, saus tomat dan air, didihkan.
Beri garam, merica bubuk, oregano dan gula, masak hingga kental

SAUS BECHAMEL (SAUS PUTIH)

Bahan:
1 sdm margarine ( munjung )
2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
garam, merica
100 gr keju parut

Cara Membuat:
Cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar rata.
Masukkan keju cheddar parut, aduk hingga rata
Tambahkan garam dan merica. Aduk hingga kental

Penyelesaian:
Tuang adonan macaroni ke dalam pinggan tahan panas atau ke dalam loyang aufoil.
Tuangkan saus bechamel di ataskan, ratakan hingga menutupi permukaan macaroni.
Tuang saus bolognese di atas saus bechamel, ratakan.
Panggang hingga 3/4 matang (kurang lebih selama 20-30 menit tergantung masing-masing oven), keluarkan dari oven dan taburi dengan topping.
Panggang lagi hingga topping kecoklatan dan macaroni matang

Untuk membuat makutel bisa juga dengan mengukusnya hingga matang dan baru dioven setelah ditaburi topping, sama enaknya kok. Tapi karena belum punya kukusan yang besar, ya..aku langsung aja masukin oven deh. ^_^
Kalau lagi males bikin saus bolognese, bisa juga pakai saus bolognese siap pakai yang bisa dibeli di supermarket. Tapi menurutku lebih mantap bikin sendiri deh..lebih ekonomis pula.

Hmmm...toppingnya agak overbaked ya, jadinya kurang cantik deh :(
Next time better..


close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==