HAPPY 1ST ANNIVERSARY LBT

Alhamdulillah LBT sudah berusia 1 tahun. Semoga ini hanyalah langkah awal untuk terus belajar dan maju bersama host serta teman-teman yang luar biasa. Sungguh banyak pelajaran yang sudah kudapat sejak gabung bersama LBT. Dari awalnya hanya bisa bikin makutel, sekarang udah berani untuk cobain berbagai resep. Tetap semangat untuk terus belajar dan belajar. 
Aku gabung LBT sejak tugas yang kedua yaitu pada bulan Februari dengan tema Makaroni Panggang. Alhamdulilah... terus bertambah pengetahuan tentang dunia baking.

Untuk tugas bulan ini temanya adalah Anniversary LBT. Tadinya udah niat banget pengen bikin cake yang super nyoklat, udah intip-intip resep DFC. Apa daya kesibukan di awal tahun, bikin laporan rekapan tahun kemarin benar-benar membuatku jadi baking blue. Niat untuk bikin PR jadi molor terus hihihihi. Pemalaaas mah ini namanya. Sampai akhirnya pada tgl 11 Januari belum bikin apa-apa. Padahal walau waktu setor diperpanjang, tapi tgl 12-13 Januari bakal sibuk berat. Hadeeeh... Tiba-tiba putri kecilku bilang kalau dia pengen dibuatin sus. Ahaaa...ya wis lah bikin sus buat setoran PR aja, langsung teringat dengan resep Paris Brest di Joy of Baking. Sehari sampai bikin 2x karena pertama bikin, jadi dan hias, langsung ditowel-towel putriku dan dimakan tanpa sempat difoto. Hahahaha..gpp nak, bunda bikin lagi.  Melihat postingan teman-teman...asli minder berat, tapi tak apalah..I'll do my best.

Dan inilah penampakan Paris Brest for 1st Anniversary LBT


Paris Brest sendiri konon adalah spesial pastry yang dibuat oleh para chef untuk merayakan lomba balap sepeda Tour d' France, yang dulu rute-nya adalah Paris menuju Brest. Hmmm...jadi tambah penasaran deh pengen bisa bikin pastry spesial ini.

Paris Brest yang kubuat ini berdasarkan resep modifikasi NCC dan JoyofBaking..here's the recipe ya

PARIS BREST

Bahan:
100 gr unsalted butter
150 gr terigu protein tinggi
1 sdt baking powder
120 ml susu cair
120 ml air
3 butir telur ukuran sedang
1/4 sdt garam
kenari secukupnya

Polesan:
egg wash (kuning telur+sedikit susu cair)

Filling:
Vla vanilla, whipcream kocok, strawberry

Cara Membuat:
Siapkan loyang (aku pakai loyang kuker), poles dengan margarin, alasi kertas roti dan buat pola bundar di atasnya, poles lagi dengan margarin.
Campurkan terigu, baking powder dan garam, sisihkan
Masak air, susu dan butter dengan api kecil hingga mendidih, matikan api. Masukkan campuran terigu, aduk rata hingga kalis dan adonan menjauh dari pinggiran panci.
Setelah adonan hangat, kocok dengan mixer speed rendah, masukkan telur satu persatu hingga tercampur rata.
Masukkan adonan ke dalam piping bag dan cetak mengikuti pola bundar di loyang. Lingkarkan dalam beberapa kali lingkaran.
Poles dengan egg wash dan taburi dengan kenari.
Panggang dengan suhu tinggi, setelah mengembang dan keluar buih, suhu bisa diturunkan. Panggang hingga matang dan kecoklatan. Jangan sesekali membuka oven selama proses pemanggangan.
Setelah matang, angkat dan dinginkan di cooling rack.
Belah bagian tengah paris brest, olesi dengan vla vanilla, kemudian semprotkan whipcream kocok, hias dengan strawberry
Beri dusting gula halus atau coretan coklat bila suka

Hiiks..whipcream-nya meleleh tuh ya, mohon maaf host kalau hasilnya berantakan gini, mana udah gak ada waktu lagi untuk bikin lagi. Tetap semangat untuk terus belajar dan belajar. Sukses buat LBT


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==